Tebing 30 Meter Ambrol Tutup Jalan Naringgul

Proses evakuasi material longsor yang menutup akses jalur Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung.

RADARCIANJUR.com -Tebing setinggi 30 meter di Kampung Cibodas RT 02 RW 08 Desa Naringgul Kecamatan Naringgul, Cianjur selatan ambrol. Kondisi tersebut membuat akses jalan utama Naringgul-Ciwidey Bandung tertutup material longsor, Rabu (17/2).

Tertutupnya jalan utama penghubung Kabupaten Cianjur dengan Kabupaten Bandung itu terjadi akibat tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah itu sejak pagi hingga malam.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Mohammad Irfan Sofyan, mengatakan ambrolnya tebing di kawasan itu merupakan kejadian kali ketiga.

“Akibat curah hujan yang tinggi, kondisi tanah tidak bisa menahan air, akibatnya tebing ambrol ke jalan, ini kejadian longsor ketiga kalinya,” kata Irfan pada Radar Cianjur, kemarin.

Irfan mengungkapkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, akan tetapi akses jalan utama dua kabupaten itu sempat terputus. “Kejadianya sekitar pukul 02.00 Wib dini hari. Akses jalan Cianjur menuju Bandung dan sebaliknya sempat tertutup material longsor, ” ucap Irfan.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Provinsi Jawa Barat untuk membantu menerjunkan alat berat, agar mempermudah proses evakuasi material longsor.

Sambung Irfan, arus kendaraan yang melintas di jalan tersebut untuk sementara diberlakukan sistem buka tutup. “Untuk mempermudah proses evakuasi kami berlakukan sistem buka tutup, agar tidak terjadi antrian panjang kendaraan, kami himbau juga kepada pengendara agar tetap berhati-hati,” terangnya.(cr1)