Cianjur Bakal Punya Pusat Safety Riding

DIPANTAU: Kaur Subdit Standar Cegah dan Tindak Ditkamsel Korlantas Mabes Polri, AKP Helmiyati Abdulah Ali mengecek lahan yang akan dijadikan Indonesia Safety Driving Center (ISDC). (Foto Istimewa)

RADARCIANJUR.com – Kabupaten Cianjur menjadi salah satu daerah yang dipilih oleh Korlantas Mabes Polri untuk dibangun Indonesia Safety Driving Center (ISDC). Lahan atau tempatnya berada di Kampung Manesel Gunung Bitung Desa Pananggapan Kecamatan Cibinong.

Kaur Subdit Standar Cegah dan Tindak Ditkamsel Korlantas Mabes Polri, AKP Helmiyati Abdulah Ali didampingi Tokoh Masyarakat Cianjur Selatan Haji Toto Iskandar dalam kegiatan surveinya mengatakan, Korlantas Mabes Polri berencana membangun Indonesia Safety Driving Centre (ISDC) atau sekolah mengemudi dikabupaten Cianjur di atas lahan seluas 6,5 hektare. Setiap pemohon SIM nantinya di haruskan memiliki sertifikat dari sekolah mengemudi.

Pembangunan sekolah mengemudi dibuat untuk menambah wawasan dan keahlian warga yang ditandai dengan kepemilikan sertifikat untuk mengajukan permohonan SIM.

“Selama ini belum ada lahan, dengan adanya sekolah mengemudi warga yang akan membuat SIM harus punya sertifikat R2 dan R4,” ujar Kaur Standar Cegah Subdit Standar Cegah dan Tindak Ditkamsel Korlantas Mabes Polri, AKP Helmiyati Abdulah Ali.

Helmiyati mengungkapkan, bahwa di atas lahan seluas 6,5 hektare akan dibangun satu hektare untuk gedung perkantoran, lalu kelas teori atau praktik untuk mengawasi, parkiran da akan lapangan seluas lima hekatre menampung pelatihan R2 sampai truk.

“Satu hekatre lagi untuk tempat pelatihan, akan ada juga lahan untuk berlatih penanganan bencana alam,” terangnya.

Ia berharap, apabila lahan sudah bersertifikat maka akan dibangun sekolah mengemudi di Cianjur, namun saat ini tengah menanti anggaran dari negara untuk pembangunan tersebut.

“Di Jabar kami melihat lahannya tersedia di Cianjur karena setelah survei ke wilayah Cirebon tanahnya bekas endapan laut,” paparnya.

Tokoh masyarakat setempat Haji Toto Iskandar yang turut mendampingi bersama Kades Pananggapan dan Camat serta Kapolsek Cibinong, mengapresiasi dengan adanya rencana pembangunan Indonesia Safety Driving Centre (ISDC) atau Sekolah Pelatihan Pengemudi.

“Kami mengapresiasi dan mendukung penuh dengan adanya program kegiatan pembangunan sekolah mengemudi tersebut, semoga cepat terealisasi,” jelasnya.

Toto berharap semoga nantinya bisa membawa dampak positif terhadap kemajuan pembangunan didaerah dan meningkatkan perekonomian masyarakat Cibinong khususnya dan umumnya warga Cianjur selatan. (kim)