Ada Speed Gun, Pengendara Harus Perhatikan Batas Kecepatan

JANGAN NGEBUT: Korlantas Mabes Polri memasang speed gun di Jalan Raya Bandung Desa Bojong Kecamatan Karangtengah. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com – Pengendara lalulintas di Kabupaten Cianjur harus lebih memperhatikan dan menjaga batas kecepatan. Pasalnya, saat ini sudah terpasang speed gun atau pengukur kecepatan di Jalan Raya Bandung Desa Bojong, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur.

Bentuknya mirip seperti Closed-Circuit Television atau biasa disingkat CCTV. Namun, pada bagian bawah kamera terdapat penunjuk batas kecepatan dan hasil dari kecepatan kendaraan melintas. Batas kecepatan kendaraan yang melintas di Jalan Raya Bandung yakni 60 kilometer per jam.

Jika di bawah batas kecepatan tersebut, maka akan menunjukan angka dengan warna hijau disertai emoticon tersenyum. Akan tetapi jika sebaliknya, warna akan berwarna merah dan emoticon murung.

Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Meilawaty mengatakan, speed gun tersebut merupakan program dari Korlantas Mabes Polri untuk melihat batas kecepatan kendaraan di Kabupaten Cianjur.

“Itu dari Korlantas Mabes Polri, jadi rata-rata kecepatan pengendara di Kabupaten Cianjur bisa terdeteksi,” ujarnya.

Sementara itu, Satlantas Polres Cianjur pun memiliki CCTV pemantau kecepatan dan arus lalulintas di beberapa titik seperti Tugu Lampu Gentur, Segar Alam dan Bojong.

“Kalau dari kita ada tiga, di perbatasan atau Segar Alam, Tugu Lampu Gentur dan Bojong,” tuturnya.

Meskipun telah dipantau, pihaknya berharap masyarakat tetap tertib dalam berlalulintas dan menjadikan keselamatan berkendara sebagai prioritas. (kim)