Kabut Tebal Selimuti Cianjur Utara

HATI-HATI: Kodisi jalan berkabut membuat pengendara harus mengurangi kecepatan saat melintas. (Foto Istimewa)

RADARCIANJUR.com– Wilayah Utara Kabupaten Cianjur diselimuti kabut dari pagi hingga siang hari. Sehingga jarak pandang jalan hanya berkisar 10 meter. Kondisi tersebut dikarenakan hujan yang terus menerus di kawasan dengan iklim dingin.

Selain mengakibatkan aktivitas masyarakat terbatas, kabut tebal juga membuat para pengendara yang melintas di ruas jalan itu harus ekstra hati-hati.

Agus Saprudin (36) seorang warga Desa Ciloto, Cipanas mengatakan, kondisi cuaca dengan hujan yang disertai turunnya kabut tebal di kawasan itu terjadi sepanjang hari dalam beberapa hari terakhir.

“Sudah terjadi hampir satu pekan. Setiap hari cuacanya hujan dengan intensitas sedang dan kabut tebal. Untuk aktivitas sehari-hari saja cukup terbatas,” ujarnya

Agus menyebutkan, untuk kunjungan wisatawan yang datang ke kawasan wisata Puncak juga mengalami penurunan jika dibandingkan dengan beberapa pekan lalu.

“Mungkin hanya satu atau dua saja pemotor wisatawan yang datang. Pendapatan dari berjualan di warung juga menurun,” paparnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Cianjur, AKP Meilawaty mengimbau, para pengendara yang melintasi kawasan itu agar berhati-hati dan waspada untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Meilawaty menambahkan, sejumlah personel Satlantas Cianjur disiagakan di kawasan itu.

“Pengendara, baik motor maupun mobil terus kami imbau agar berhati-hati dan waspada,” jelasnya.

Selain itu, Meilawaty meminta para pengendara untuk menyalakan lampu utama dan lampu hazard.

“Para pengendara yang melintas kawasan itu juga diminta agar tetap menyalakan lampu utama dan hazard, karena jarak pandang yang cukup terbatas, untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas,” tutupnya. (kim)