Atasi Ketahanan Pangan di Masa Pandemi, Forum RW RT Gelar Bimtek Kewirausahaan

BIMTEK: Bimbingan teknis forum RT RW kabupaten Cianjur, yang dilaksanakan di salah satu hotel di Cipanas, Senin (22/2/2021). Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Guna meningkatkan kesiapan para pengurus tingkat kecamatan hingga ke wilayah, Forum RW RT kabupaten Cianjur melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) kepemimpinan kewirausahaan yang digelar di salah satu hotel Cipanas, Senin (22/2/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut, sejumlah narasumber. Diantaranya perwakilan pengurus Forum RW RT provinsi Jawa barat, pengurus kabupaten, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), serta unsur lainnya.

Ketua Forum RW RT kabupaten Cianjur, Daseng Hakimi mengatakan, setelah berjuang dalam kancah politik di Pilkada beberapa waktu lalu, pengurus Forum RW RT kabupaten kini mengadakan bimbingan teknis untuk para RT RW khususnya para pengurus di tingkat kecamatan.

“Jadi untuk Bimteknya sendiri kami undang beberapa perwakilan pengurus tingkat kecamatan, diantaranya Ketua, Sekretaris dan bendahara. Hal ini supaya tetap menjaga protokol kesehatan meski pembelajaran ini harus terlaksana dengan maksimal,” tuturnya kepada radarcianjur.com.

Ia mengatakan, tujuan dilaksanakannya Bimtek ini adalah membimbing kewirausahaan bagi para pengurus RW RT dalam sejumlah bidang khususnya ketahanan pangan di masa pandemi.

“Jadi RT RW ini nantinya ikut terlibat di dalam menjaga ketahanan pangan minimal di lingkungannya masing-masing,” ujar Daseng.

Salah satu contoh yang akan direalisasikan, pasca bimbingan teknis ini, kata Daseng, yakni pendistribusian dalam bidang ketahanan pangan. Seperti contoh, ia menyebutkan, jika di masing-masing kecamatan itu memiliki lumbung padi, nah hal itu bisa diberdayakan untuk dijual belikan kepada masyarakat setempat.

“Jangan sampai kita ini beli beras pun mesti di luar Cianjur. Kan Cianjur ini salah satu daerah penghasil lumbung padi. Makanya kami harapkan pemberdayaan di wilayah RT RW masing-masing bisa terealisasi dengan maksimal,” imbuhnya.

Maka dari itu, Daseng menambahkan, dengan adanya bimbingan teknis kewirausahaan ini bisa lebih banyak peluang-peluang usaha yang mesti dikelola oleh para pengurus RW RT di daerahnya masing-masing.

“Mudah-mudahan setelah bimtek ini program yang kita rancang bersama bisa terealisasi dengan baik. Supaya ketahanan pangan di masing-masing daerah di kabupaten Cianjur bisa terwujud,” pungkasnya. (dan)