Jadi Proklamator Kebersihan, Emak Emih Akhirnya Bisa Foto Bersama Istri Gubernur Jabar

MOMEN BAHAGIA: Emak Emih (kedua dari kanan) akhirnya bisa berbincang dan berfoto bersama dengan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil berserta istri Atalia Praratya di Balegede, Naringgul, kemarin siang. FOTO: PATRIOT DESA FOR RADAR CIANJUR

IMPIAN besar Emak Emih (65), nenek asal Desa Bojongkasih, Kecamatan Kadupandak, Kabupaten Cianjur akhirnya terwujud kemarin siang. Perempuan ramah nan sederhana ini akhirnya dapat berfoto dengan istri dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yakni Atalia Praratya Kamil di Rest Area Balegede, Kecamatan Naringgul.

Laporan: FADILAH MUNAJAT, Naringgul

EMAK Emih memang tinggal bersama sang suami di rumah sederhananya. Anak-anak nya sudah tidak menemani Emak Emih didalam rumah bercat hijau itu sejak lama. Emak Emih di sekitarnya rumahnya kerap disapa Mak Eem.

Setiap pagi, Mak Emih menyapu jalan rabat beton dengan lebar sekitar tiga meter tepat di depan rumahnya. 400 meter, kanan dan kiri jalan tak luput dari gerakan tangannya menyapu dedaunan di jalan desa.

‘Mak damang? (Mak sehat?)’ Kalimat sapaan pendek itu selalu terlontar dari setiap warga yang melintas, baik berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan. Beragam jenjang usia sudah tak asing dengan kegiatan Mak Emih. Mulai dari anak kecil tingkat SD, hingga orangtua di Desa Bojongkasih.

“Yang dulu dari SD, maupun yang sekarang sudah pada kerja pasti kenal. Sudah lintas generasi kenal Mak Eem,” ujar Kades Bojongkasih, Dadi Anwar Musadar yang rumahnya tepat di samping rumah Mak Emih.

Rutinitas menyapu jalan desa itu dilakoni Emak Emih sejak sepuluh tahun yang lalu. Tak ada niat terselubung, apalagi meminta imbalan bagi Mak Emih. “Semua dilakukan ikhlas. Saya setiap hari lihat sendiri Mak menyapu dari pagi,” tambah Patriot Desa Kadupandak, Asep Erwin.

Keinginan sederhana Mak Emih untuk berswafoto dengan Ibu Atalia akhirnya terwujud. Sejak Sabtu (22/2) petang, rombongan Desa Bojongkasih yang dikomandoi Dadi Anwar menuju ke Naringgul. Tak lupa, Camat Kadupandak Fatah Rizal mendampingi rombongan dan berkumpul di Cigadog guna menuju Naringgul.

Tepat kemarin, Minggu (21/2), rombongan Mak Emih tiba di salah satu rumah makan tak jauh dari Curug Ceret di Desa Naringgul, Kecamatan Naringgul. Mengenakan pakaian sederhana berkerudung biru muda, Mak Emih dengan sabar menunggu kedatangan Ridwan Kamil beserta istri.

Mak Emih didampingi Camat Naringgul dan Kades Bojongkasih pun akhirnya dapat bertemu dengan wanita yang kerap disapa ‘Si Cinta’ oleh Kang Emil. Emak banyak terdiam dan lebih banyak melihat sosok Atalia yang mengenakan rompi. Maklum, Mak Emih memang seorang pemalu dan sulit untuk berbahasa Indonesia. “Abdi tiasa
nyariosna basa Sunda. (Saya biasa berbicara bahasa Sunda),” ungkap Mak Emih tersipu malu sambil menutupi tawanya dengan tangan kanannya.

Di momen Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 kemarin, Mak Emih pun disematkan menjadi Proklamator Kebersihan oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar). Mak Emih dinilai memiliki peran yang besar dalam upaya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Saat ditanya, apa yang akan dilakukan Emak Emih setelah bertemu Atalia, Mak menjawab akan tetap menyapu. “Ah Emak mah kieu-kieu keneh. Enjing oge sasapu deui (Emak gini-gini saja. Besok juga menyapu lagi),” papar Emak sesaat setelah bertemu Kang Emil dan ‘Si Cinta’.

Seperti diketahui, berita dan impian Emak Emih untuk bertemu dengan Ibu Atalia mendapat atensi dari Ridwan Kamil di media sosial Instagram Radar Cianjur. Selang 10 hari, Emak Emih akhirnya bisa bertemu dengan Atalia Praratya dan Ridwan Kamil dan berfoto bersama di Naringgul. Semoga Emak Emih sehat selalu. Amin. (**)