Pertanyakan Transparansi BUMDes, Warga Geruduk Kantor Desa Ciherang

MENUNTUT: Perwakilan warga yang tergabung dalam Forum Berkah Kita Maslahat (Berkah), mendatangi Kantor Desa Ciherang mempertanyakan karut-marut BUMDes yang selama ini dinilai tidak transparan dan sudah habis masa kepengurusannya, Senin (22/2/2021).

RADARCIANJUR.com – Warga yang mengatasnamakan Forum Berkah Kita Maslahat (Berkah) mendatangi Kantor Desa Ciherang, Kecamatan Karangtengah, Senin (22/2), mempertanyakan BUMDes yang sudah beberapa tahun tidak berjalan serta transparansi anggarannya.

Ketua Berkah, Dwi Prasethya mengatakan, aksi tersebut berawal dari banyaknya keluhan masyarakat terkait peminjaman uang ke BUMDes Desa Ciherang selama ini.

“Aksi ini sebagai awal kegerahan masyarakat dalam keadaan yang serba sulit ini di tengah pendemo Covid-19, BUMDes yang seharusnya dapat menjadi solusi tetapi pada kenyataannya jauh dari harapan,” katanya, kepada Radar Cianjur.

Namun pada pelaksanaannya, BUMDes Desa Ciherang selama ini tidak pernah melaporkan Laporan pertanggungjawaban Kerja (LPJ) kepada masyarakat.

“Kita minta data laporan BUMDes ke BPD selaku kontrol pemerintah desa, sama sekali tidak ada. Baik itu kinerja BUMDes, arahnya ke mana saja, lalu anggaran dipakainya untuk apa saja,” ungkapnya.

Hal lain yang dipermasalahkan habisnya masa jabatan kepengurusan BUMDes. Akan tetapi, belum ada upaya revitalisasi dari pemerintah desa setempat.

“Kepengurusan BUMDes sekarang kan sudah kadaluarsa (habis, red), tetapi belum ada tuh upaya pemerintah melakukan pemilihan kepengurusan baru,” bebernya.

Sementara itu, Sekretaris BPD Desa Ciherang, Dede Rahmat membenarkan hal tersebut dan sudah berupaya memanggil dengan surat panggilan kepada Ketua BUMDes. Namun, upaya itu masih tak mendapat respon dari yang bersangkutan.

“Memang betul, untuk transparansi baik itu program BUMDes ataupun alokasi anggaran BUMDes sama sekali tidak ada laporan dan sudah ada upaya dari Desa dengan memanggil yang bersangkutan. Tetapi selalu tidak datang,” ungkapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Desa Ciherang, Nyanyang Syarif Hidayat menanggapi positif keinginan warganya terkait permasalahan BUMDes dimaksud.

“Terkait LPJ memang tidak ada laporan ke Desa. Tetapi BUMDes Ciherang sering melaporkan langsung setahun sekali kepada DPMD Kabupaten Cianjur,” terangnya.

Menyoal revitalisasi kepengurusan BUMdes, pihaknya akan mengupayakan audiensi pemerintah desa bersama masyarakat.

“Untuk kepengurusan memang sudah habis. Pihak desa sudah sering memanggil yang bersangkutan tetapi karena alasan kesehatan, katanya sakit stroke, jadi tidak bisa datang ke Desa. Nanti kita jadwalkan audiensi bersama masyarakat,” tutupnya.(cr1)