Hadapi Bencana, Pemprov Jabar Instruksikan Ini ke Bupati dan Walikota

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Dery Ridwansah/JawaPos.com )

RADARCIANJUR.com- Di awal tahun 2021, berbagai bencana menerjang terlebih kota dan kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat. Tak sedikit masyarakat yang menjadi korban dan mengungsi ke tempat lebih aman. Masyarakat pun berharap akan bantuan dan perhatian dari pemerintah.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, hingga akhir bulan ini curah hujan masih akan sangat tinggi. Pemprov Jabar dan Pemerintah Pusat sudah melakukan berbagai upaya untuk mencegah banjir.

“Sampai akhir bulan curah hujan akan sangat tinggi, oleh karena itu saya titip dan sudah saya sampaikan arahan ke Bupati dan Walikota untuk siaga satu,” ujarnya.

Lanjutnya, di daerah-daerah utara yang sifatnya banjir dan di selatan yang rata-rata sifatnya longsor oleh air, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan pemerintah pusat mengerjakan cara mengurangi banjir.

“Cuman ada yang sudah beres seperti sodetan Cisadane, jadi yang dulu bikin banjir di Bandung Selatan anak sungai Cisangkuy ke Citarum lewat perumahan biasanya macet banjir. Sekarang sudah 100 persen beres dibelokkan, jadi air nya tetap ke Citarum tapi tidak melewati pemukiman itu,” paparnya.

Pria yang kerap disapa Kang Emil ini menjelaskan, ada juga bendungan yang baru 50 persen, contohnya seperti Bendungan Sadawarna. Tahun ini, seharusnya di Karawang dan Subang bisa selesai sehingga bisa terhindar dari banjir.

“Kemudian yang kali Bekasi ada tujuh proyek yang sedang disiapkan, tahun ini kontruksi ketiganya sedang pembebasan lahan,” terangnya.

Berbagai upaya untuk menangani banjir terus dilakukan dibarengi tanggap darurat nencana. Ia menilai, pihaknya sudah sangat sigap menghadapi bencana bersama BPBD.

“Mudah-mudahan setiap tahun berkurang dan kami tidak mau takabur karena banjir itu kadang-kadang jika dibilang sudah tidak ada, malah ada, makanya tidak boleh, makannya program ini untuk mengurangi kalau untuk menyelesaikan saya kira tidak terlalu gegabah,” tutupnya. (kim)