Jangan Kembali Terulang Bencana Sampah, Cukup Leuwi Gajah

JANGAN JADI SAMPAH: Berbagai elemen membacakan puisi di TPA Pasir Sembung, Kecamatan Cilaku. (Foto Istimewa)

RADARCIANJUR.com – Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 masih berlangsung. Seperti yang dilakukan kemarin oleh berbagai elemen seperti pegiat lingkungan, akademisi dan anak muda Kabupaten Cianjur dengan mengadakan pembacaan puisi di TPA Pasir Sembung, Kecamatan Cilaku.

Penggagas Antopologi Puisi, Sinyo mengatakan, HPSN sendiri diperingati sebagai bentuk kepedulian pada 21 Februari 2005 karena longsornya TPA Leuwi Gajah yang dijadikan oleh pemerintah sebagai HPSN.

“Sebagai kepedulian kami tragedi di Leuwi Gajah, kita adakan mabar atau maca bareng puisi sebanyak 21 pas dengan momen HPSN,” ujarnya.

Respon pun turut melakukan pembacaan puisi dari berbagai daerah seperti Papua, Malang dan Makassar. Puisi tersebut berjudul sumpah serapah sampah.

“Kita tetap menerapkan protokol kesehatan, wajib menggunakan masker dan menjaga jarak,” terangnya.

Lanjutnya, dengan pembacaan puisi tersebut bisa menggugah masyarakat bahwa kepedulian lingkungan merupakan tanggungjawab semua kalangan.

“Semua puisi ini merupakan pengalaman pribadi saya, karena kediaman saya dekat dengan TPA Pasir Sembung,” ungkapnya.

Ia pun berharap, permasalahan sampah harus ada gerakan sejak dini. Jadi semua tidak sampai terlambat dan jangan sampai bencana Leuwi Gajah kembalk terulang. (kim)