Ingat! Sudah Divaksin Bukan Berarti Bebas Tanpa Prokes

Juru Bicara Pusat Informasi Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal

RADARCIANJUR.com- Selama pelaksanaan vaksinasi, ternyata belum tentu membuat manusia kebal terhadap Covid-19. Meskipun vaksinasi tersebut sudah dilakukan di tahap kedua. Bahkan, beberapa beranggapan bisa bebas tanpa harus menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Juru Bicara Pusat Informasi Satgas Penanganan dan Percepatan Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal membantah hal tersebut. Ia menjelaskan, sistem imun dari vaksin Covid-19 bisa terbentuk setelah 28 hari dari vaksinasi pertama.

“Jadi, terbentuknya itu 28 hari, vaksinasi tahap pertama 14 hari kemudian vaksinasi tahap kedua, nah 14 hari kemudian baru terbentuk sistem imunnya,” ujarnya.

Maka dari itu, penerapan protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan walaupun sudah menjalani vaksinasi Covid-19 sebagai antisipasi.

“Tetap, protokol kesehatan yang menjadi antisipasi, bukan serta merta setelah divaksin tubuh bisa menjadi kebal 100 persen terhadap virus Covid-19,” ungkapnya.

Yusman menjelaskan, orang yang sudah menjalani vaksinasi masih bisa terpapar virus Covid-19 jika virus yang masuk ke dalam tubuh sangat banyak.

“Tapi, vaksin itu mengurangi tingkat keterpaparan, tingkat kematiannya juga berkurang karena vaksin,” terangnya.

Bahkan, penerapan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak akan berlangsung lama walaupun seluruh masyarakat sudah menjalani vaksinasi.

“Akan sangat panjang, mungkin protokol kesehatan akan tetap diterapkan satu sampai dua tahun ke depan walaupun semua masyarakat sudah menjalani vaksinasi,” tutupnya. (kim)