Donor Darah Kini Bisa di Rumah, PMI Bakal Jemput Pakai Motor

PMI Kota Bekasi Kini Layani Donor Darah di RumahMotor jemput donor milik PMI Kota Bekasi. (foto; istimewa)

RADARCIANJUR.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bekasi kini menyediakan layanan donor di rumah pendonor atau layanan jemput darah menggunakan sepeda motor. Layanan ini ditujukan bagi warga yang ingin mendonorkan darah tetapi takut keluar rumah karena pandemi Covid-19.

“Pelayanan tersebut diberikan seperti ada masyarakat yang biasa melakukan donor darah tetapi takut untuk keluar rumah, jadi kita gunakan motor unit tersebut sebagai alat penjemputnya,” kata Ketua PMI Kota Bekasi Ade Puspitasari, Rabu (24/2/2021).

Ade menuturkan, sebelum adanya pandemi, banyak keluarga di Kota Bekasi yang rutin melakukan donor darah ke PMI Kota Bekasi. Namun, setahun belakangan ini mereka khawatir untuk keluar rumah. Ini berimbas pada stok darah.

Oleh karena itu dia menginisiasikan layanan donor di rumah. Jadi, masyarakat tak perlu keluar rumah untuk donor darah.

Secara teknis, motor unit ini sama seperti mobil unit yang selama ini telah digunakan. Hanya saja, yang membedakan dari kapasitas alatnya saja menjadi lebih kecil dan disesuaikan dengan boks di motor.

“Mobil unit jalan juga, jadi motor unit kita jalankan juga kalau ada timnya kita akan menambahkan SDM-nya dan juga alatnya,” terang Ade.

Untuk motor unit, minimal hanya bisa melayani donor darah sebanyak empat sampai lima orang. Karena keterbatasan ruang, motor unit hanya mampu menampung lima hingga sepuluh kantong darah dalam sekali jalan.

“Jadi minimalis semua alatnya, sedangkan untuk alat cool box nya kemungkinan kita bawanya juga yang kecil hanya dengan kapasitas lima hingga sepuluh kantong darah saja,” jelasnya.

Adapun, untuk pendonor yang akan dijemput darahnya menggunakan motor unit, sebelumnya harus mendaftar secara online terlebih dulu . Hal ini juga untuk efisiensi waktu.

(izo/rs)