Ratusan Proyek Strategis Nasional Ditargetkan Rampung Sebelum 2024

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

RADARCIANJUR.com – Pemerintah tengah merampungkan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ditargetkan selesai sebelum 2024 berakhirnya kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

“Saya kira dengan target proyek bisa selesai sebelum 2024. Jadi menurut saya ini akan menjadi tantangan bagi kita semua. Kita akselerasi lewat kawasan ekonomi khusus,” kata Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam diskusi MNC Group INVESTOR FORUM 2021 ‘Recovery Story after The Big Reset’, Selasa (2/3).

Menurut Airlangga, PSN ini merupakan proyek kemitraan publik, dalam upaya mendukung dan membantu beberapa pembangunan infrastruktur. Meskipun di tengah pandemi covid-19, Indonesia tetap berkomitmen untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur melalui proyek strategis nasional.

Dia berharap melalui percepatan investasi tercipta penyerapan tenaga kerja melalui proyek ini.

Seperti diketahui, proyek dalam PSN berjumlah 201 dan 10 program dengan nilai investasi total Rp 4.817,7 triliun. Porsi investasi PSN terdiri 6 persen dari APBN, 25 persen BUMN/ROE, dan 69 persen swasta.

Namun, nilai tersebut belum memperhitungkan proyek dan program baru (Perpres No 79 dan 80 Tahun 2019), food estate, dan bandara di Bali utara.

Proyek dan program PSN meliputi 54 proyek jalan, bendungan dan irigasi 57 proyek, luas wilayah 18 proyek, kereta api 15 proyek, energi 15 proyek, pelabuhan 13 proyek, air bersih dan sanitasi 12 proyek, program smelter 1, program super hub 1, kelistrikan 1 program.

Kemudian, pemerataan ekonomi 1 program, percepatan pembangunan wilayah 1 program, akses keluar alat 1 program, penyediaan makanan 1 program, bandara 8 proyek, pendidikan 1 proyek, teknologi 5 proyek, perumahan 5 proyek, tanggul pantai 1 proyek, kawasan strategis pariwisata 1 program, instalasi pengolahan sampah 1 program, dan program daerah perbatasan 1 program.(*/dep)