Efek Pasca Vaksin Lebih Banyak Dialami Nakes

Dokumentasi Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Selama pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Cianjur, efek dari vaksin lebih banyak terasa oleh tenaga kesehatan.

Bahkan, pihak Satgas Penanganan dan Percepatan Covid-19 Kabupaten Cianjur pun belum mengetahui secara pasti penyebab efek yang banyak dialami oleh tenaga kesehatan.

Juru Bicara Pusat Informasi Penanganan dan Percepatan Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal mengatakan, saat ini sudah ada tiga nakes yang mengalami efek dari vaksin.

“Rata-rata nakes mengalami gejalanya kebas dan kesemutan, tapi itu tidak berlangsung lama,” ujarnya.

BACA JUGA : Plt Bupati Cianjur Sebut Vaksinasi Tenaga Kesehatan Overload

Pihaknya pun masih mempertanyakan, gejala kebanyakan dialami oleh nakes dan bukan dari masyarakat biasa. Namun, pihaknya kepada masyarakat jangan merasa takut dengan vaksinasi yang dilakukan.

“Yang jelas tidak berlangsung lama (efek, red) rata-rata kesemutan saja dan kebas,” paparnya.

Sementara itu, jika mengalami gejala atau efek samping tersebut, saat ini Pemkab Cianjur membentuk Kelompok Kerja (Pokja) Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Kipi).

“Bagi masyarakat yang memiliki BPJS, biaya perawatan akan ditanggung oleh BPJS. Tapi jika tidak punya, maka akan ditanggung Kementerian Kesehatan melalui data yang sudah diinput,” terangnya. (kim)