Endang Setyawati Thohari Ajak Warga Cianjur Kelola Sampah

Anggota DPR-RI Fraksi Partai Gerindra DR. Ir.Hj. Endang Setyawati Thohari

RADARCIANJUR.com – Anggota DPR-RI Fraksi Partai Gerindra DR. Ir.Hj. Endang Setyawati Thohari. DESS. M.Sc mengajak warga Kabupaten Cianjur untuk daur ulang sampah.

Ajakan tersebut disampaikan saat politisi partai besutan Prabowo Subianto melakukan Sosialisasi UU Nomor 18 / 2008 tentang Regulasi Pengelolaan Sampah di Rumah Aspirasi Endang Setyawati Thohari, Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur Rabu (3/3/2021).

Hadir pula dalam kesempatan itu, Anggota DPRD Kabupaten Cianjur, Direktorat Jendral Pengolahan Sampah Limbah dan B3, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur, usur Forkopincam, hingga para ketua RT dan RW.

Endang mengatakan kebiasaan hidup ramah lingkungan harus dibiasakan sejak dari rumah, jika tidak dimulai dari rumah itu akan terasa sulit, karena tidak terbiasa buang sampah pada tempatnya.

“Apalagi sekarang musim covid-19 tentu sampahnya lebih banyak, allhamdulilah ibu Dirjen kita sekarang sudah mulai mengelola daur ulang sampah,” kata Endang.

Endang mengatakan, sampah-sampah bisa dibuat menjadi makanan, melalui BSF, atau biasa yang disebut magot, dan secara kebetulan di Kabupaten Cianjur, sudah ada pelatihan pembuat magot dari Kementrian Kelautan Dan Perikanan.

“Saya juga ikut melatih cara membuat magot,” ujar Endang.

Menurut Endang, dalam melakukan pengolahan sampah perlu adanya kerja sama dari berbagai pihak agar bisa berdampak pada pendapatan ekonomi serta menjaga kelestarian lingkungan. (dil)