Jadi Alternatif Pembentuk Karakter, WBP Lapas Cianjur Tekun Latihan Tembangan Sunda

SEIRAMA: Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) memainkan alunan alat musik tradisional. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Cianjur bukan hanya menjadi tempat menebus kesalahan atau kejahatan yang telah dilakukan masyarakat. Namun, selain mendidik moral secara agama dan pribadi menjadi lebih baik lagi, para warga binaan pemasyarakatan (WBP) turut diasah dalam pembentukan kepribadian melalui seni budaya Sunda.

Secara emosional, para WBP diasah rasa dalam diri untuk lebih peka dan sabar dalam memainkan musik. Sehingga metode tersebut dirasa cukup efektif dalam membentuk kepribadian.

Ketua PKBM Lapas Klas II B Cianjur, Edi Kuswandi mengatakan, pelatihan kesenian khas Budaya Sunda dilakukan setiap hari Jumat setelah melaksanakan sholat Jumat di Masjid Attaubah.

“Jadi selain disini ada pondok pesantren untuk WBP mempelajari ilmu agama dan memperbaiki akhlak, WBP turut diasah dalam pembangunan budi pekerti serta kepribadian melalui latihan musik khas Sunda,” ujarnya.

Lanjutnya, meski demikian, musik terlebih tembangan Sunda bisa mengolah dan mengkaji diri dengan bersabar belajar. Pasalnya, memainkan alat musik seperti gendang dan calung berbeda dengan alat musik pada umumnya.

“Perlu kesabaran dan ketelitian, sehingga disitu membentuk karakter seseorang,” jelasnya. (kim)