Cianjur Waspada Kasus Varian Baru Covid-19 Jenis B117

Virus Covid-19
Virus Covid-19

RADARCIANJUR.com – Kasus mutasi varian baru Covid-19 dengan jenis B117 di Karawang ternyata dikhawatirkan menyebar di Kabupaten Cianjur. Pasalnya, suspek yang berasal di Karawang merupakan salah satu Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berada satu pesawat dengan 10 PMI asal Kabupaten Cianjur.

Dari 10 orang tersebut, dua orang positif Covid-19. Sementara delapan orang lainnya negatif. Saat ini dua orang PMI tersebut masih perlu dalam pemantauan Satgas Penanganan dan Percepatan Covid-19 Kabupaten Cianjur.

Juru Bicara Pusat Informasi Satgas Penanganan dan Percepatan Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal mengatakan, dua dari 10 PMI asal Cianjur yang mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta terpapar Covid-19 jenis Sars-Cov2.

“Jadi dua orang Cianjur itu bukan terpapar B1117 dan langsung diisolasi di Wisma Atlet hingga dinyatakan negatif. Tapi karena mutasi ini, kami diminta untuk mengirimkan sampel darah dua orang tersebut,” ujarnya melalui sambungan telepon

Namun, hingga kini, tim Satgas Covid-19 Kabuapten Cianjur baru bisa menemukan alamat lengkap seorang dari dua PMI penyintas Covid-19 tersebut. Yusman, memastikan, semua PMI tersebut kini berada di Cianjur.

“Maka dari itu kamu bekerja sama dengan disdukcapil untuk melacak dua PMI yang sempat positif Covid-19 itu. Sebab, kami hanya menerima nama dan kabupaten asal,” ungkapnya.

Lanjut Yusman, saat ini Kabupaten Cianjur belum memiliki alat pendeteksi mutasi virus corona B117 yang bermula dari Inggris tersebut.

“Kami tidak memiliki alatnya, yang memiliki itu hanya di litbangkes di Jakarta,” tutupnya. (kim)