Pasang Pipa Secara Gotong Royong, Warga Kampung Sukawarna Kini Punya Akses Air Bersih

Pemasangan pipa dilakukan secara gotong royong bersama masyarakat dan Salah satu CSR PT Ciomas Farm, yang turut dipelopori oleh Bripka Sopyan Sahuri, Bhabinkamtibmas Desa Saramapad.

RADARCIANJUR.com – Salah satu anggota Polsek Cugenang, Bhabinkamtibmas Desa Sarampad, Bripka Sopyan Sahuri menjadi pelopor pemasangan pipa di Kampung Sukawarna RT 03 RW 09, Desa Sarampad, Kecamatan Cugenang.

Acara pemasangan pipa tersebut dilakukan secara swadaya di bantu CSR PT Ciomas Farm, salah satu perusahaan peternakan ayam di wilayah tersebut serta bersama masyarakat sekitar.

Bripka Sopyan Sahuri mengatakan, pemasangan pipanisasi tersebut bertujuan untuk memfasilitasi kebutuhan sumber air masyarakat di Kampung Sukawarna tersebut.

“Yah kita tergerak untuk membantu masyarakat di sini yang memang kesulitan mendapatkan akses air bersih, ” katanya kepada Radar Cianjur Kamis (04/03/2021).

Menurut Bripka Sopyan, Anggaran penggunaan untuk pemasangan pipa tersebut bersumber dari dana yang masyarakat yang dikumpulkan dan sumbangan dari salah satu CSR.

”Dalam pemasangan pipanisasi sebanyak 120 batang pipa ukuran 4 meter yang dibeli dari uang kas serta patungan masyarakat. pemberian dari CSR PT. Ciomas Farm serta donatur lainnya, kalau dari desa itu tidak ada, tapi Alhamdulillah untuk pemenuhan air bersih sudah mulai tercukupi,” ujarnya.

Lanjutnya, pemasangan pipa tersebut dipusatkan di dua masjid dan satu tempat ziarah yang ada di kampung Sukawarna khususnya di ke- RT an RT 03 RW 09,

” Untuk sember airnya diambil dari bak penampungan PT. Ciomas Farm. Selain dipakai berwudhu, masyarakat juga bisa menggunakannya untuk keperluan air sehari-hari, ” bebernya.

Asep (39), Warga juga salah satu pengurus RT Kampung Sukawarna mengatakan, Sudah lama kampung tersebut belum mempunyai sarana air bersih. Saat ini pun hanya mengandalkan dan memanfaatkan air resapan bahkan selokan.

” Nantinya akan dipakai sebagai sumber akses air bersih oleh masyarakat, ” ucap Asep.

Menurutnya, dalam pemasangan Pipa tersebut sudah di rencanakan dan dimusyawarahkan bersama pengurus RT, RW serta masyarakat jauh-jauh hari dan baru sekarang dapat terwujud.

”Alhamdulillah sekarang dapat terwujud, dan masyarakat Kampung Sukawarna kini punya akses air bersih,” tandasnya. (cr1)