Pohon dan Tiang Listrik Tumbang di Desa Bojong

TUTUP JALAN: Pasca hujan disertai angin kencang, satu pohon dan tiang listrik tumbang di Jalan Sinagar Kampung Sinagar Desa Bojong, Kecamatan Karangtengah. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Hujan disertai angin kencang menerjang Kabupaten Cianjur. Akibat dari hujan deras disertai angin tersebut, pohon dan tiang listrik tumbang di Jalan Sinagar Kampung Sinagar Desa Bojong Kecamatan Karangtengah. Jalan yang menjadi akses transportasi umum dan masyarakat tersebut terputus selama kurang lebih satu jam setengah. Petugas gabungan dari kepolisian, BPBD Kabupaten Cianjur, PLN dan dibantu masyarakat sekitar pun melakukan pemotongan terhadap pohon besar yang menutup jalan tersebut.

Iman (28) saksi mata sekaligus masyarakat sekitar menuturkan, sebelum kejadian hujan deras disertai angin kencang menerjang Desa Bojong. Saat kejadian, dirinya tengah berteduh di salah satu warung dekat dengan pohon. Tak berselang lama, pohon pun tumbang dan mengenai kabel listrik.

“Itu kejadiannya sekitar pukul 16.00-17-00 WIB, sebelum pohon tumbang terdengar suara seperti patahan gitu,” ujarnya.

Pasca kejadian tersebut, lampu disekitar Desa Bojong pun padam dan akses terhalang pohon serta tiang listrik yang melintang. Tim pun langsung bergegas melakukan evakuasi terhadap pohon dan tiang listrik.

“Satu lokasi lagi di dalem perumahan, sama pohon tumbang juga tapi lebih parah diisini,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bojong, U Handoko mengatakan, pihaknya sudah mengajukan untuk melakukan pembersihan mengenai pohon yang sudah tua kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur sejak tiga bulan lalu.

“Sudah (melaporkan, red) tiga bulan lalu, tapi tidak ada respon. Ini bukan satu kali saja, beberapa kali sering terjadi dan ini terparah,” paparnya.

Lanjutnya, meski demikian, dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa maupun luka-luka. Pasalnya, kondisi jalan pada saat kejadian tengah sepi dan tidak ada yang melintas.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar berhati-hati, apalagi saat kondisi hujan disertai angin kencang. Meskipun tidak kondisi hujan, tetap jangan berdiam diri di dekat pohon, dikhawatirkan tumbang, karena sudah lapuk kondisinya,” imbaunya. (kim)