Buntut Permasalahan BUMDes, Pemerintah Desa Ciherang Gelar Audensi

Pemerintah Desa Ciherang, Karangtengah melakukan Audensi bersama Forkomincam, LPM, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa , Pengurus BuMdes serta masyarakat yang tergabung dalam Forum Bersama Kita Maslahat ( Berkah ).

RADARCIANJUR.com – Pemerintah Desa Ciherang melakukan Audensi seputar permasalahan BUMDes Amanah yang sempat menjadi polemik dengan warga Desa Ciherang Jum’at (05/03/2021).

Audensi tersebut turut dihadiri oleh Kepala Desa, Forkomincam, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, LPM, Pengurus BUMDes serta masyarakat yang tergabung dalam Forum Bersama Kita Maslahat (Berkah).

Audensi tersebut berlangsung tertib serta dilakukan tanya jawab antara warga dengan pemerintah desa.

Ketua Forum Berkah Dwi Prasetya ditemui seusai acara tersebut mengatakan sangat mengapresiasi diadakannya audensi tersebut.

“Saya mewakili masyarakat Desa Ciherang sangat berterima kasih telah diadakannya audensi seputar permasalahan BUMDes Amanah yang selama ini belum ada jawaban dari pihak Desa,” Katanya Kepada Radar Cianjur.

Menurut Dwi, dalam pembahasan audensi tersebut dirinya bersama perwakilan warga menanyakan tentang LPJ BUMDes yang selama ini belum ada transparansi dari Pihak Desa ataupun pengelola BUMDes.

“Memang betul ada LPJ nya tadi disampaikan pihak desa akan tetapi secara bukti fisiknya tidak di perlihatkan kepada masyarakat, ” tuturnya.

Lanjutnya dalam audensi tersebut turut dibahas tentang dana pengalihan dari kades sebelumnya untuk BUMDes Desa Ciherang.

” Denger-denger juga ada pengalihan dana BUMDes dari mantan kades ke kades yang sekarang senilai 215 juta pada tahun 2015 dan dialokasikan untuk pembangunan Kantor BumDes. Dan kami minta juga RAB ,SPJ nya akan tetapi baik itu pemerintah Desa, BPD , Ketua BuMdes tidak memperlihatkan datanya ” ucap Dwi.

Senada dengan yang disampaikan salah satu perwakilan warga, Ahmad Suhandi (53) turut menyampaikan rasa kekecewaan akan hasil dari audensi tersebut.

“Jadi gak ada titik temu, kita berjam- jam bicara pun gak ada solusi terkait permasalahan ini, ” kata Ahmad.

Ditemui terpisah, Kepala Desa Ciherang Nyanyang Syarif Hidayat menyambut positif audensi yang digelar bersama warga Desa Ciherang.

“Saya apresiasi hal tersebut, karena pemerintah itu butuh kritikan yang membangun untuk lebih baik kinerjanya demi kesejahteraan masyarakat, ” ungkapnya.

Menurut Kades untuk laporan LPJ BuMdes nanti akan diserahkan secara fisik ketika masa habis kepengurusan BuMdes.

“Nanti kan akan disampaikan terkait LPJ itu di Musyawarah Desa (Musdes). Terus kan yang berhak mengetahui LPJ secara fisik kan ruang lingkupnya pemerintah Desa, gak bisa sembarangan, ” tandasnya. (cr1)