Forkopimda Akan Relokasi Korban Bencana Batulawang

TINJAU: Plt Bupati bersama Polres Cianjur dan dinas terkait melakukan peninjauan lokasi bencana pergerakan tanah di Batulawang. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com– Pasca bencana yang terjadi di Kampung Sindanglangu Desa Batulawang Kecamatan Cipanas, akan direlokasi oleh Pemerintah Kabupaten Cianjur. Berdasarkan pantauan, terdapat 21 rumah yang terdampak di lokasi bencana. Sehingga sebanyak 21 kepala keluarga (KK) harus mengungsi di posko pengungsian yang disediakan.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cianjur, Ganjar Ramadan mengatakan, rencana relokasi tersebut muncul setelah Plt Bupati Cianjur, H Herman Suherman meninjau lokasi bencana pada 26 Februari 2021 lalu dan mulai dibahas.

“Kemarin pak bupati rencana mau relokasi yang pergeseran tanah di Batulawang dan hari ini hasil dari kemarin tinjauan pak bupati dan kapolres dirapatkan, selebihnya akan diagendakan untuk relokasi ke daerah lain atau masih di situ. Belum ada bocoran soal luas dan anggarannya juga belum dibahas,” ujarnya.

Plt Bupati Cianjur, H Herman Suherman mengungkapkan, saat ini pihaknya masih berkoordinasi untuk mendapatkan lahan relokasi bagi warga yang terdampak.

“Tapi diusahakan itu semua mendapatkan rumah relokasi dalam satu RW, tapi diusahakan dulu yang utama hanya 21 rumah yang terdampak dan relokasinya masih di Desa Batulawang,” tuturnya.

Sebelumnya, bencana longsor dan pergerakan tanah terjadi di Kedusunan 04 Desa Batulawang Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur pada Senin (8/2). Pergerakan tanah itu mengakibatkan jalan sepanjang 200 meter retak terbelah dan puluhan rumah warga terancam amblas. Akibatnya, sampai saat ini akses jalan belum bisa dilewati kendaraan roda empat. (kim)