Para Pemimpin Redaksi di Cianjur Deklarasi Forum Pemred

WADAH KOMUNIKASI: Forum Pemred Cianjur saat ini beranggotakan sembilan media massa dan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. FOTO: FORUM PEMRED CIANJUR FOR RADAR CIANJUR

RADARCIANJUR.com -Para pemimpin redaksi (pemred) media cetak, online dan elektronik mendeklarasikan pembentukan Forum Pemred Cianjur di Sabore Kitchen & Gelato Cianjur, Jumat (5/3/2021) sore.

Dilatarbelakangi niat memajukan pers di Cianjur, Forum Pemred Cianjur atau Cianjur Chief Editors Forum dibentuk salah satunya untuk memperjuangkan independensi pers dari pengaruh kekuasaan, kelompok kepentingan, kekuatan ekonomi dan pihak-pihak lain.

Pemimpin Redaksi Berita Cianjur, Gia Gusniar yang didaulat sebagai Ketua Forum Pemred Cianjur mengatakan, penentu kebijakan tertinggi termasuk pemberitaan di redaksi media massa berada di tangan pemimpin redaksi. Untuk itu ia menegaskan, pembentukan forum ini atas dasar kesepahaman ide, misi, dan visi untuk menekankan cita-cita menjaga independensi dan integritas para pemimpin redaksi di Cianjur. “Tujuan utamanya sebagai wadah komunikasi dan silaturahmi di kalangan pemred atau wakil pemred. Forum ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan mempersatukan seluruh pemimpin redaksi media untuk bersama-sama memajukan dunia pers di Cianjur,” ujarnya usai acara Deklarasi Forum Pemred.

Selain itu, Gia juga menyampaikan, dalam bentuk kegiatan forum diskusi, ke depannya para pemred akan saling bertukar pemikiran dan solusi multisektor demi perkembangan daerah, sehingga bisa menjadi pemantau isu dan berkontribusi terhadap kemajuan daerah. “Jadi, selain harus dapat memberikan manfaat bagi insan media, forum ini juga harus bermanfaat untuk masyarakat luas dan berkontribusi untuk kemajuan Cianjur. Untuk itu, kami akan aktif memberikan pandangan terhadap kebijakan yang berkenaan dengan kepentingan publik,” tuturnya.

Melalui forum ini, para pemred akan berupaya meningkatkan profesionalisme, salah satunya dengan menjalankan fungsi media yang seharusnya. “Yakni sarana informasi, fungsi kesinambungan, korelasi, mobilisasi, hiburan, fantasi, pendidikan, pembangunan, decoder, interpreter atau penerjemah, encoder, persuasi serta pengawasan,” lanjut Gia.

Sementara itu, Sekretaris Forum Pemred Cianjur, Eki Rizky yang merupakan Pemimpin Redaksi Cianjur Today mengatakan, forum ini dapat digunakan sebagai sarana berbagi pengalaman dan saling membantu satu sama lain. Menurutnya, hal tersebut merupakan langkah positif untuk membuat media di Cianjur kian profesional dalam menghasilkan informasi yang jelas bagi khalayak luas.

“Melalui forum ini, pemred dapat saling berbagi pengalaman terkait pembinaan wartawan, pengelolaan media, hingga cara memperoleh verifikasi dan legalitas. Pintu diskusi selalu terbuka untuk menemukan solusi dari persoalan yang dihadapi. Forum ini juga diharapkan mampu memberdayakan media di Cianjur dan melahirkan berbagai gagasan yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” paparnya.

Forum Pemred Cianjur saat ini beranggotakan sembilan media massa, antara lain Radar Cianjur, Cianjur Ekspres, Maharnews, Cianjur Today, Pikiran Cianjur, Besinfo, MetroMediaNews, Cianjur TV dan Berita Cianjur. “Anggota yang baru tercatat berjumlah sembilan media massa dan akan bertambah sejalan dengan sosialisasi terhadap media lainnya,” pungkasnya.(*/kim)