Latih Kebugaran Bersama Sparko Kodim 0608/Cianjur

TINGKATKAN IMUN: Sejumlah remaja mengikuti latihan sparko di Makodim 0608/Cianjur. (Foto: Pendim 0608/Cianjur For Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Komando distrik militer (Kodim) 0608/Cianjur membuka pelatihan sparko dengan tujuan sebagai salah satu alternatif olahraga yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh, terlebih di masa pandemi ini.

Hal ini lah yang menjadi alasan Komunitas Sparta Komando (Sparko). Sadar akan pentingnya hidup sehat dan bugar membuat Komunitas Sparko selalu aktif untuk mengajak seluruh kalangan di Kabupaten Cianjur untuk hidup sehat.

Dalam sejarahnya, Komunitas Sparko didirikan oleh Mayor Inf Eka Wira Darmawan, seorang perwira di lingkungan Kopassus TNI AD. Jadi tak heran jika olahraga yang diterapkan di Komunitas Sparko adalah Lunges, Squats, Push Up, Classic Crunch, High Knees, Lying Leg Raises, Burpees dan lain-lain. Dimana semua gerakan melatih otot dari seluruh anggota tubuh.

Uniknya Komunitas Sparko melakukan kegiatan olahraga di luar ruangan atau dikenal dengan street workout. Komunitas Sparko Cianjur yang terbentuk sejak tahun 2019 lalu aktif latihan di Lapangan Makodim 0608/Cianjur dan Lapangan Prawatasari Joglo.

Ketua Sparko Kabupaten Cianjur, Serka Tatang Kosasih mengatakan, jika Komunitas Sparko Cianjur sengaja menggunakan konsep street workout agar menarik banyak orang untuk ikut bergabung bersama Komunitas Sparko Cianjur dan aktif berolahraga apalagi khusus calon siswa yang akan masuk prajurit.

“Selain melakukan beberapa work out, program dari Komunitas Sparko Cinjur sendiri ada lari dan renang. Jadi kita memang benar-benar mengambil pola latihan ala prajurit. Namun anggota Komunitas Sparko Cianjur terbuka untuk siapa saja. Dengan tetap diawasi oleh penanggung jawab kita,” ujarnya.

Tak hanya berolahraga, Komunitas Sparko Cianjur juga aktif peduli terhadap sosial dan lingkungan karena sadar bahwa tak hanya kesehatan jasmani yang harus dijaga, kesehatan rohani pun sama pentingnya.

Karena olahraga yang diterapkan Komunitas Sparko Cianjur umumnya ala prajurit, maka tak heran jika beberapa anggota Komunitas Sparko Cianjur bertujuan untuk melatih fisik menuju persiapan pendaftaran calon TNI.

“Ada juga yang ikut sparko untuk mempersiapkan diri dalam melatih fisik sebagai bekal masuk atau persiapan pendaftaran calon anggota TNI,” jelasnya. (kim)