Tak Patuhi Prokes, Polres Cianjur Bubarkan Acara Perlombaan Burung

DIBUBARKAN: Perlombaan kicau burung langgar aturan protokol kesehatan (prokes). (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com – Kondisi macet dan ramai. Ya, Jalan Pangeran Hidayatullah, Desa Limbangansari sempat macet dan dipenuhi kendaraan yang terparkir. Bukan dalam acara pernikahan, namun kondisi tersebut tengah diadakannya perlombaan kicau burung. Tak kurang 500 orang memenuhi tempat Pendopo Tumaritis, Minggu (7/3).

Mendapat laporan dan sempat ramai di media sosial, Polres Cianjur pun mendatangi lokasi perlombaan tersebut. Beberapa diantara banyaknya masyarakat yang datang, ditemui tak memakai masker atau protokol kesehatan (prokes).

Kasat Reskrim Polres Cianjur, AKP Anton menuturkan, pihaknya mendapatkan informasi tersebut dari adanya laporan masyarakat sehingga membuat pihaknya mengecek ke lokasi.

“Kami pun memeriksa dan benar ada lomba kicau burung dan mengumpulkan banyak orang dan tidak memenuhi protokol kesehatan,” ujarnya.

Selain itu, Anton mengungkapkan, masyarakat melapor karena melihat banyak orang yang datang sehingga menimbulkan kemacetan.

“Untuk sementara dari hasil pengecekan tidak ada laporan atau pemberitahusn ke pihak kepolisian soal acara ini sehingga dianggap ilegal dan kegiatan ini melanggar protokol kesehatan,” jelasnya.

Tindakan yang dilakukan, lanjut Anton, baru sampai pembubaran. Namun, pihaknya akan memeriksa pihak penyelenggara untuk dimintai keterangan.

“Kita sementara ini membubarkan acara ini dan pihak ppenyelenggara kita periksa klarifikasi dugaan pelanggaran ysng dilakukan. Pemilik tempat juga diperiksa sebagai saksi,” ungkapnya

Sanksi yang akan diberikan kepada pelanggar adalah Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

”Sampai sataini kami masih menerapkan Undang-undang Penyebaran Wabah Penyakit dan Undang-undang Karantina Kesehatan,” tandasnya. (kim)