Krisis Pemain Depan, Begini Rencana Alternatif Robert

Pelatih Persib Bandung Robert Alberts di stadion Gelora Bandung Lautan Api, Senin 8 Maret 2021. Foto: Dok. Persib Bandung

BANDUNG-Turnamen pramusim, Piala Menpora 2021 akan menjadi ajang Persib Bandung dalam memanaskan mesin jelang liga. Robert Rene Alberts punya rencana untuk memberi kesempatan bagi pemain muda beraksi dengan didampingi oleh pemain senior. Terutama untuk anak muda yang bermain di lini depan.

Menurutnya memang Persib kini sedang krisis amunisi juru gedor. Zulham Zamrun dan Beni Oktovianto hengkang, Wander Luiz masih di Brasil dan Geoffrey Castillion sedang dalam masa peminjaman di Como 1907. Ferdinand Sinaga yang baru resmi direkrut pun belum mengikuti sesi latihan.

Menilik waktu persiapan yang sebentar lagi, dia mengakui barisan depannya minim stok. “Saya akan menggabungkannya, tapi jika melihat pemain di tim dan turnamen akan digelar sepuluh hari dari sekarang, kami kekurangan penyerang di tim ini,” kata dia ketika diwawancara, Selasa (9/3).

Menurutnya untuk sektor bek dan gelandang tidak masalah, lantaran banyak pemain yang bisa diandalkan. “Kami sudah bagus di pertahanan dan gelandang, karena hanya kehilangan Omid dan Fabiano, dan mengganti mengganti mereka di lini belakang dan tengah cenderung lebih mudah,” ujarnya.

Tetapi lain halnya dengan pemain depan, karena di Persib sekarang tidak ada striker yang siap pakai. Wander Luiz masih butuh waktu untuk bisa tiba di Indonesia dan harus melalui masa karantina. Sedangkan Ferdinand Sinaga masih harus melalui fase tes medis sebelum mulai berlatih.

“Tapi di lini depan, sedikit lebih sulit karena kapan Luiz kembali kami belum tahu pasti, dia juga harus menjalani karantina ketika tiba nanti seperti Nick. Ferdinand masih harus menjalani tes medis dan belum tahu kapan dia siap,” jelas mantan pelatih tim nasional U-16 Malaysia tersebut.

Maka dari itu, jika skenario terburuk yang terjadi, maka penyerang muda akan diturunkan. Saat ini Persib mempunyai beberapa bomber belia yang pada musim lalu dipinjamkan ke Bandung United seperti Muhammad Wildan, Ilham Qolba dan Julius Josel namun sedang dilibatkan di tim utama.

“Jadi kami hanya punya pemain muda yang akan diuji meski disana ada pemain yang sangat bertalenta seperti Saiful, kami juga masih memiliki Wildan yang bermain untuk Bandung United, dia selalu mendapat pantauan dari kami, ada juga Ilham (Qolba) dan Josel,” terang dia.

“Tapi jika Luiz kembali, Ferdinand siap dan mungkin kami mendapat pemain baru yang datang, bisa saja akan berbeda lagi rencananya. Karena kami harus menyiapkan tim untuk liga, ini pramusim dan tentunya untuk persiapan menjelang liga,” tutupnya.(smg)