16 Pria dan Wanita Mandi Bareng, Diduga Aliran Sesat Hakekok

Penganut aliran Hakekok di Pandeglang Banten diamankan polisi.

RADARCIANJUR.com – Warganet dihebohkan dengan video dan foto-foto belasan pria dan wanita mandi bareng tanpa busana.

Mereka mandi bersama di area Perkebunan Sawit PT Globalindo Agro Lestari (GAL) Desa Karang Bolong, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Setelah ditelusuri, ternyata pria dan wanita tersebut penganut aliran Hakekok. Mereka diamankan polisi di lokasi kejadian, Kamis (11/03/2021) pukul 10.00 WIB.

Waka Polres Pandeglang, Kompol Riky Crisma Wardana mengatakan, aliran Hakekok dipimpin seorang pria berinisial A (52). A mengajak pengikutnya untuk mandi bareng tanpa busana di area perkebunan kelapa sawit.

Sebanyak 16 orang mengikuti ritual mandi bareng, 8 pria dewasa, 5 perempuan dewasa dan 3 anak-anak. Kepada polisi, A mengatakan bahwa ritual mandi bareng dilakukan untuk membersihkan diri dari segala dosa.

“Untuk yang memberi ceramah atau ketuanya yaitu saudara A (52). Untuk ajarannya mengadopsi dari ajaran Hakekok, ajaran itu dibawa oleh almarhum saudara E dan diteruskan saudara A ini dengan ajaran Balatasuta,” jelasnya.

Riky mengimbau masyarakat agar tetap tenang menyikapi aliran yang diduga sesat tersebut. Ia meminta masyarakat tidak bertindak sendiri dan mempercayakan masalah tersebut kepada aparat kepolisian.

Menurutnya, pimpinan aliran Hakekok sudah diamankan dan saat ini masih menjalani pemeriksaan. “Sudah kami amankan dan sedang kami dalami agar masyarakat jangan resah dengan apa yang sudah beredar,” ucapnya.

Ritual aliran Hakekok di area Perkebunan Sawit PT GAL ini membuat geger warga setempat.

Ia menyatakan, belasan orang yang diamankan berdasarkan laporan warga yang memergoki mereka sedang mandi bareng tanpa busana di kolam penampungan air milik sebuah perusahaan sawit. Di tengah kegiatan itu, ada seorang pria inisial A yang memimpin ritual serta ceramah kepada kelompok mereka.

Ke-16 orang terduga anggota kelompok aliran sesat tersebut kemudian berhasil diamankan di wilayah Perkebunan Sawit PT GAL.

Aliran Hakekok adalah sebuah aliran yang dianggap sesat oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) sejak beberapa waktu lalu.

Aliran ini juga sudah sempat menghebohkan warga Pandeglang pada September 2009 lalu. Ketika itu MUI setempat bereaksi terhadap aliran ini.(rbdg)