Waduh, 10 PMI Cianjur Ternyata Satu Pesawat dengan Penyintas Covid-19 B117

Ilustrasi Covid-19

RADARCIANJUR.com – Belum usai penyebaran Covid-19, kasus varian baru Covid-19 yakni B117 mulai menghantui masyarakat. Sebelumnya, di Jawa Barat tepatnya di Karawang kasus tersebut sempat ramai dan berasal dari salah satu Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Bahkan dalam satu pesawat tersebut pun terdapat PMI asal Kabupaten Cianjur yang berjumlah 10 orang.

Satgas Penanganan dan Percepatan Covid-19 Kabupaten Cianjur pun dibuat kaget. Pasalnya, informasi tersebut baru didapat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) beberapa minggu setelah didapati informasi dari Kemenkes yang sudah melakukan isolasi kepada dua dari 10 PMI yang dinyatakan positif Covid-19.

Sementara itu, identitas jelasnya Satgas masih melakukan pelacakan yang turut dibantu oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur. Dari pencarian tersebut berhasil mendapatkan identitas enam orang.

Juru Bicara Pusat Informasi Satgas Penanganan dan Percepatan Covid-19 Kabupaten Cianjur, dr Yusman Faisal mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan identitas PMI Cianjur yang satu pesawat dengan PMI asal Karawang.

“Sudah dapat enam, tinggal empat orang lagi. Kita diinformasikan mengenai hal tersebut telat, seharusnya pada saat isolasi. Jadi kita bisa antisipasi dini,” ujarnya.

Selain itu lanjut Yusman, varian baru Covid-19 efek atau dampaknya sama. Namun, yang menjadi pembeda yakni penyebarannya yang lebih cepat.

“Sama saja, tapi ini penyebarannya lebih cepat,” tuturnya.

Di sisi lain, mengenai pelaksanaan vaksinasi yang tengah berjalan dianggap ampuh terhadap varian baru yang pertama kali ditemukan di Negeri Ratu Elisabeth, Inggris.

“Kalau dari informasi yang saya dapat dari pusat, itu (vaksin, red) efektif juga terhadap varian baru. Kemungkinan sudah dilakukan uji juga,” terangnya. (kim)