Januari-Maret Cianjur Disergap 40 Bencana Alam

Longsor dan pergerakan tanah terjadi di Kampung Cijati RT 02 RW 03 dan Kampung Cipari RT 05 RW 02 Desa Mekarmulya Kecamatan Cikalongkulon

RADARCIANJUR.com – Kabupaten Cianjur kerap kali disergap berbagai bencana alam. Berbagai jenis bencana terjadi diantaranya banjir, longsor, angin puting beliung dan lain-lain

Terbaru, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur telah mencatat jumlah kejadian bencana yang telah terjadi selama bulan Januari hingga Maret 2021 dengan mencapai puluhan perisitiwa.

Sekertaris BPBD Cianjur, Moch Irfan mengatakan, selama bulan Januari hingga Maret jumlah bencana mencapai 40 kejadian.

“Menurut data yang kami kumpulkan dilapangan, jenis kejadian atau peristiwa bervariatif diantaranya banjir bandang sebanyak 2 kali, tanah longsor dan pergerakan tanah 30 kali, angin puting beliung 7 kali serta cuaca ekstrim terjadi sebanyak 1 kali, ” katanya kepada Radar Cianjur melalui sambungan telpon, Minggu (14/03/2021).

Namun menurut Irfan, berbagai peristiwa yang terjadi di Kabupaten Cianjur tidak sampai menimbulkan korban jiwa

” Untuk korban jiwa tidak ada, hanya saja dua orang mengalami luka ringan,” ujarnya.

Irfan menambahkan, saat ini kejadian bencana yang sedang dalam proses monitoring BPBD Kabupaten Cianjur yaitu pergerakan tanah di Batulawang, Kecamatan Cipanas.

” Terus memonitoring kejadian bencana disana. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, berkat kesigapan Tim Retana di lapangan dapat diminimalisir , ” bebernya.

Sementara untuk korban bencana yang di evakuasi keseluruhan di Kabupaten Cianjur, pengungsi tercatat sebanyak 42 KK, sedangkan yang terdampak sebanyak 184 jiwa.

” Sementara itu untuk kerusakan rumah yang tergolong berat sebanyak 9 unit, rusak sedang 33 unit, rusak ringan 26 unit, tidak rusak 91 unit serta yang terendam 51 unit, ” tandasnya. (cr1)