Pemdes Sindanglaya Berdayakan Aplikasi Desa Digital Bagi Masyarakat

PELAYANAN DIGITAL: Pemerintah desa Sindanglaya mengimplementasikan aplikasi desa digital untuk pelayanan kepada masyarakat. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Demi mewujudkan desa digital, pemerintah desa (Pemdes) Sindanglaya kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur kini memiliki aplikasi yang bisa memudahkan masyarakat membuat segala bentuk pelayanan administratif bagi masyarakat.

Kepala Desa Sindanglaya, Nyanyang Kurnia Sanusi mengatakan, bantuan yang diberikan pemerintah kabupaten (Pemkab) melalui dinas terkait, telah mulai digunakan untuk memudahkan pelayanan bagi masyarakat.

“Sebetulnya konsepnya itu lebih kepada untuk memudahkan segala bentuk pelayanan administrasi masyarakat,” ujarnya kepada radarcianjur.com.

Menurut Nyanyang, pelayanan yang kini bisa digunakan langsung masyarakat diantaranya pembuatan surat keterangan pindah, NA, dan lain-lain secara cepat dan tanpa ribet dengan akses online.

“Jadi kalau warga Desa Sindanglaya akan membuat surat menyurat atau administratif di desa, bisa dengan cepat tanpa menunggu lama,” kata dia.

Ia menegaskan, pelayanan tersebut diberikan kepada masyarakat dari mulai pelayanan administrasi surat-menyurat berbasis digital dan informasi. “Pada intinya memberikan pelayanan kepada masyarakat berbasis digital dan surat-menyurat ataupun sistem informasi dari pemerintahan desa,” ujarnya.

Dirinya berharap, masyarakat nantinya bisa melakukan layanan secara mandiri melalui website atau aplikasi digital di kantor desa.

“Mudah-mudahan masyarakat bisa mengakses dan memanfaatkan desa berbasis digital ini dengan baik dan maksimal,” pungkasnya. (dan)