Program Jum’at Berbagi DKM Baeturohman Desa Munjul Sasar Yatim Piatu dan Jompo

Sosial : DKM Masjid Baeturohman bersama Karangtaruna dan Pemerintah Desa Munjul, Kecamatan Cilaku mempunyai program Jum'at berbagi. Program tersebut rutin dilakukan untuk memberikan bantuan sejumlah uang dan Snack kepada Yatim Piatu dan jompo. Foto : Bayu Nurmuslim / Radar Cianjur.

RADARCIANJUR.com – Berbagi terhadap sesama adalah wujud nyata kepedulian. Berbagai bentuk atau cara kerap dilakukan demi membantu sesama, entah itu secara langsung mau pun tidak langsung, berbentuk barang ataupun sejumlah uang.

Seperti halnya yang dilakukan sebuah organisasi Dewan Kemakmuran Masjid ( DKM ) Masjid Baeturohman kp munjul RW 01, Desa Munjul Kecamatan Cilaku yang mempunyai program Jum’ at berbagi.

Program yang kerap dilakukan DKM bersama Karangtaruna Desa tersebut dilakukan untuk memberikan perhatian terhadap anak- anak yatim dan jompo di wilayah Desa Munjul.

Ketua DKM Masjid Baeturohman, Yadi suryadi mengatakan, program rutin dilakukan setiap hari Jum’at tersebut untuk membantu anak-anak yatim dan jompo di wilayah Desa Munjul.

“Program ini memang fokuskan untuk sedikit banyaknya membantu anak-anak yatim serta jompo, ” Katanya kepada Radar Cianjur, Jum’ at (12/03/2021).

Menurut Yadi, program tersebut, dilakukan dengan langsung mendatangi rumah- rumah, memberikan sejumlah uang serta beberapa bingkisan.

” Kami berikan sejumlah uang, terus sama bingkisan snack juga. Kita lakukan dengan Dor to dor biar lebih efektif sama kita juga menyesuaikan agar tidak terjadi kerumunan di masa pendemi Covid 19, ” Tuturnya.

Sementara itu, Mak Dede (40) wanita jompo warga kampung Munjul RT 03 RW 01, mengaku senang dan terbantu dengan adanya program yang diadakan oleh DKM masjid Baeturohman .

” Alhamdulillah, terima kasih sudah di bantu. Uangnya buat keperluan dapur, buat beli beras, ” Ucap Mak Dede.

Terpisah, Kepala Desa Munjul, Kecamatan Cilaku, Yoyo Kuswoyo mengatakan program tersebut sudah di rencanakan jauh-jauh dengan melakukan musyawarah bersama Pemerintah Desa, Karangtaruna, dan DKM masjid Baeturohman.

” Alhamdulillah, program ini sudah berjalan selama 1,5 bulan. Berkat kerjasama Pemerintah Desa Munjul, Karangtaruna serta DKM Masjid Baeturohman, ” Ungkapnya.

Yoyo menambahkan, program tersebut mendapat dana hasil dari sumbangan sejumlah donatur baik masyarakat Desa Munjul maupun pihak lain.

” Masyarakat di sini sangat mendukung dengan rutin memberikan sumbangan untuk kelangsungan program ini. Selain itu kami pun mendapat dana dari Donatur lain selain masyarakat Desa Munjul, ” Tandasnya. (cr1)