Bangunan PAUD di Haurwangi Ambruk, Diduga Konstruksi Bangunan Tak Sesuai Standar

Bangunan Sekolah PAUD Melati 5 di kampung kampung Kajarkajar RT 01 RW 05 Desa Kertasari, Kecamatan Haurwangi ambruk, beruntung perisitiwa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

RADARCIANJUR – Sebuah bangunan Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Melati 5 di kampung Kajarkajar RT 01 RW 05 Desa Kertasari, Kecamatan Haurwangi ambruk, Minggu (14/03/2021) pada pukul 12.20 WIB.

Diduga bangunan tersebut dibangun dengan konstruksi yang tak sesuai standar sehingga atap bangunan tersebut roboh.

Kepala Sekolah PAUD Melati 5, Lilis Holisoh, mengatakan konstruksi bangunan bagian atapnya kurang memenuhi standar konstruksi, sebab dilihat dari lama bangunan hanya baru sekitar enam tahun.

“Gedung Paud Melati 5 Kampung Kajarkajar dibangun pada 2014 yang dibiayai dari anggaran PNPM dan sekarang ambruk tanpa ada angin atau hujan lebat, ” katanya.

Lilis mengaku, bersyukur tak ada yang terluka karena sedang tak ada pembelajaran saat ambruknya bangunan.

“Alhamdulillah, kejadian tersebut terjadi ketika sekolah libur. baik itu guru dan murid memang sedang tidak melakukan kegiatan di sekolah,” tuturnya.

Lanjut Lilis, saat ini untuk aktivitas pembelajaran akan dipindahkan sementara ke tempat lain.

“Masih kita musyawarahkan dulu, untuk tempatnya, hanya saja sekarang kan pembelajaran masih belum diadakan tatap muka, masih online, ” ucap Lilis.

Sambungnya, kejadian ambruknya bangunan sekolah PAUD tersebut saat ini belum ada tanggapan dari pemerintah.

“Mudah-mudahan sama pemerintah atau instansi terkait dibantu agar nantinya setelah diadakan belajar tatap muka, bangunan sekolah sudah seperti sebelumnya, ” ungkapnya.

Dilihat dari posisi ambruk terlihat bagian dinding sebagian masih berdiri. Hanya saja semua bagian genting dan rangka atapnya ambruk.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun pihak sekolah menderita kerugian ratusan juta rupiah. Hal tersebut terlihat dari ambruknya bangunan yang hampir didominasi bagian atap. (cr1)