Genjot Tiga Program, Forum RW RT Cianjur Kembali Lakukan Bimtek

BIMTEK: Para pengurus forum RW RT di daerah mengikuti Bimtek workshop one day energi dan lingkungan hidup di hotel Amen Cipanas. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Forum RW RT kabupaten Cianjur kembali melakukan bimbingan teknis (Bimtek) kepada seluruh RT RW se-kabupaten Cianjur, Senin (15/3/2021).

Pelaksanaan kali ini lebih mengusung workshop one day ketahanan pangan, energi, serta lingkungan hidup yang berlangsung di Ballroom Hotel Amen Cipanas.

Ketua Forum RW RT kabupaten Cianjur, Daseng Hakimi mengatakan, untuk lebih meningkatkan kesejahteraan para ketua RT RW di daerah masing-masing, pihaknya kini terus berupaya membuat program berkesinambungan demi kelangsungan bersama. Salah satunya adalah dengan mengajak perwakilan pengurus forum RW RT di daerah mengikuti workshop kedua ini.

“Jadi sebetulnya kita ini memiliki beberapa program yang telah berjalan. Diantaranya adalah bidang ketahanan pangan, pemberdayaan ekonomi melalui energi gas, serta ekonomi dalam bidang lingkungan hidup,” terangnya kepada radarcianjur.com, Senin (15/3).

Daseng menuturkan, dalam bidang ketahanan pangan sendiri, teknis program yang akan dikembangkan di wilayah RT RW masing-masing adalah dengan cara, para ketua RT RW tersebut mengontrol seberapa banyak kebutuhan pangan seperti beras per kepala keluarga di wilayah itu.

“Jadi karena para RT RW berhubungan langsung dengan warga, otomatis tau seberapa banyak kebutuhan pangan seperti beras, maupun energi gas setiap harinya. Nah, nanti kita dari pengurus Forum yang sama-sama menyediakan untuk keperluan masyarakat itu. Jangan sampai warga Cianjur beli hasil pangan maupun tabung gas dari daerah lain,” tuturnya.

“Tapi kita juga bukan memaksa untuk menjual beras itu kepada warga. Tapi intinya supaya tahu ketahanan pangan di lingkungan kita seperti apa, dan kalaupun ada yang panen di lingkungan itu minimal bisa memberdayakan hasil dari wilayah sendiri,” sambungnya.

Maka dari itu, pihaknya sangat berharap, sejumlah program tersebut, mulai ketahanan pangan, kebutuhan energi gas dan pemberdayaan lingkungan hidup yang nantinya bekerjasama dengan salah satu aplikasi itu bisa implementasikan di wilayah RT RW masing-masing.

“Intinya semua ini untuk kesejahteraan bersama, khususnya bagi para ketua RT RW di daerah. Minimal menambah pendapatan serta kas, jikalau ada warganya yang meninggal dunia atau sakit. Termasuk kita bisa sama-sama belajar berwirausaha dengan para pengusaha lokal di Cianjur,” tandasnya. (dan)