Jabar Bergerak Bakal Gelar Kegiatan Permainan Tradisional, Catat Tanggalnya

PELUNCURAN: Tim panitia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur dan Jabar Bergerak Kabupaten Cianjur tengah mempersiapkan pencetakan rekor Muri permainan tradisional serentak. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Permainan tradisional yang sudah jarang bahkan tidak pernah menjadi hiburan anak jaman saat ini, terlebih di Kabupaten Cianjur. Anak-anak saat ini lebih memilih memainkan gawai atau ponsel. Padahal, permainan tradisional memiliki berbagai filosofi yang mendalam yakni mengajarkan berbagai ilmu kehidupan.

Saat ini, Jabar Bergerak melakukan inisiasi kegiatan menghidupkan kembali permainan tradisional yang diusung Jabar Bergerak Kabupaten Cianjur. Kegiatan tersebut akan digelar secara online atau daring dengan jumlah peserta se-Jawa Barat yakni 20.021 peserta dari mulai pelajar hingga orang dewasa.

Terdapat enam permainan tradisional yang akan dimainkan salah satunya sondah dan congklak. Selain itu, kegiatan tersebut rencananya akan mencetak rekor Museum Rekor Indonesia (Muri).

Asisten Daerah I Kabupaten Cianjur, Asep Suparman mengatakan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 7 April 2021 dan akan turut dihadiri Ketua Jabar Bergerak, Atalia Praratya.

“Serentak secara online, jadi kalau nanti tidak bisa atau terbatas jaringan videonya dikirim melalui aplikasi yang sudah kita sediakan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Jabar Bergerak Kabupaten Cianjur, dr Yusuf Nugraha menambahkan, kegiatan ini diharapkan bisa melestarikan budaya bangsa khususnya permainan tradisional.

“Ini hajat bersama, hajat juga masyarakat Kabupaten Cianjur,” jelasnya.

Permainan tradisional nantinya akan menjadi muatan lokal di setiap pendidikan, sehingga tradisi tetap terjaga dan tidak tergerus oleh waktu. Pelaksanaan dilakukan di Pendopo Kabupaten Cianjur. (kim)