Kecanduan Main Game, Empat Remaja Dimasukkan ke RSJ

Ilustrasi/net

RADARCIANJUR.com – Kecanduan bermain game ternyata bisa berakibat serius pada kejiwaan. Empat remaja asal Bandung, Jawa Barat dikabarkan harus menjalani perawatan di rumah sakit jiwa akibat terlalu gandrung bermain game di gawai mereka.

Wakil Gubernur Provinsi Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menemui empat remaja tersebut. Keempatnya sedang menjalani perawatan rawat jalan di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Kepada para remaja, Uu sempat melakukan dialog. Salah satu di antaranya mengaku ia terpaksa dimasukkan ke rumah sakit jiwa karena suka mengamuk kala bermain game.

“Suka ngebanting hp (handphone). Sudah dua minggu (dirawat di rumah sakit jiwa, Red),” ujar remaja putra tersebut kepada Uu, seperti dikutip dari Antara.

Dari kunjungan tersebut, Uu pun mengambil kesimpulan bahwa adiksi terhadap game punya pengaruh hebat ke psikologis.

“Memang dampak handphone ini sangat luar biasa. Penyebabnya bisa karena awalnya gangguan stres mengurung diri dan punya teman kemudian pegang telepon seluler karena nggak ada kegiatan. Bisa juga mereka punya penyakit penyerta kemudian pegang handphone,” kata dia.

Melihat fenomena kasus anak kecanduan game di gawai, Uu meminta ke para orang tua untuk bisa mengawasi anak dengan berbagai situasi dan kondisi dan berikan pendidikan spiritual kepada anak.

“Jangan biarkan anak mengurung diri sendiri di kamar. Anak harus ceria, harus bergaul dengan temannya. Anak harus diberikan pendidikan ukhrowi dengan memanggil ustaz atau yang nonmuslim tokoh agama untuk menjaga keseimbangan,” kata dia.(jpc)