Program Penanaman Porang di Cianjur Tingkatkan Ekonomi Petani Setelah Pandemi

Deklarasi Persatuan Petani Porang Cianjur di Pendopo Cianjur. Foto Fadilah Munajat/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Deklarasi dan Pelantikan Persatuan Petani Porang Cianjur (Petapoci) di Bale Praja Pendopo Cianjur, Selasa (16/3/2021). Hal itu dilakukan guna meningkatkan kesejahtraan para petani di Kabupaten Cianjur

Ketua Petapoci AKBP Dr Basuki SH MH, mengatakan pihajnya diminta membuat perkumpulan petani Porang di Cianjur.

“Maksud dan tujuannya bisa melindungi petani dalam budidaya berkelanjutan, menyambungkan kebijakan, mitra pemerintah dalam keperluan semua petani porang agar tak ragu bertanam Porang,” katanya.

Basuki mengatakan pembeli sudah siap berapapun stok porang.

“Hari ini saya undang dari direktur BRI, Mandiri, BNI, barangkali bisa sharing untuk modal berkelanjutan,” katanya.

Basuki berpesan untuk menghindari sikap mengemis kepada pemkab tapi harus berkontribusi kepada pemkab.

“Sebagai ketua saya imbau kepada jajaran jangan mengemis kepada Pemda tapi apa yang bisa diberikan oleh Petapoci,” katanya.

Ia mengatakan, saat ini petani sudah menyiapkan 1.000 hektare tanah untuk pertanian, 200 hektare di antaranya untuk Porang dan yang sudah ditanami 20 hektare.

PLT Bupati Cianjur, H Herman Suherman mengatakan, peningkatan ekonomi senada dengan bangkitnya Cianjur melalui PPKM tingkat RT RW hingga saat ini sudah 90 persen zona hijau, hampir di 10.250 RT.

“Zona hijau hampir 90 persen, vaksinasi terus berlanjut, ini momen ekonomi Cianjur yang harus bangkit, apalagi ada program penanaman Porang, ini selaras dengan program pemerintah,” katanya. (dil)