Desa Bojongkasih Sadarkan Masyarakat untuk Jaga Lingkungan

SADAR LINGKUNGAN: Masyarakat Desa Bojongkasih konsisten jaga lingkungan agar tetap bersih. (Foto Patriot Desa For Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Desa Bojongkasih Kecamatan Kadupandak tengah gencar menerapkan program Bojongkasih Bersih dan Hijau. Beberapa masyarakat atau hampir seluruhnya pun menjadi sadar lingkungan serta rutin melakukan kerja bakti. Di sisi lain, bukan hanya mewujudkan program tersebut, namun terdapat nilai untuk menjaga lingkungan dan menjaganya untuk tetap bersih.

Kepala Desa Bojongkasih, Dadi Anwar Musadad mengatakan, para pemuda jangan sampai kalah semangatnya oleh Emak EMI yang dari segi usia cukup berumur namun masih tetap bersemangat menjaga lingkungan.

“Kita melihat dari Emak Emi yang setiap pagi membersihkan lingkungan, padahal tidak ada bayaran tapi terus saja dilakukan kegiatan bersih-bersih tersebut,” ujarnya.

Acara gotong royong juga turut didukung dan ikut serta yakni dari Patriot Desa Bojongkasih, Asep Nugraha Erwin serta relawan kebersihan yaitu Emak Emi yang diikuti para perangkat desa.

“Persoalan kebersihan lingkungan bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah, melainkan juga masyarakat,” tambahnya.

Untuk itu sangat diharapkan kepada masyarakat agar bisa berpartisipasi dalam membersihkan lingkungan sehingga menjadi lebih bersih dan indah.

Patriot Desa Bojongkasih, Asep Nugraha Erwin berharap, kegiatan ini bisa memupuk gotong royong dan akan selalu bersinergi bersama pemerintah dengan mengajak dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

“Kegiatan gotong royong yang sempat mati terutama dikalangan anak muda sekarang perlu dibangkitkan kembali. Melestarikan lingkungan harus dimulai dari tingkat yang terkecil yaitu lingkungan terdekat atau lingkungan tempat tinggal,” tuturnya.

Lanjutnya, kecintaan terhadap lingkungan yang ditandai dari terjaganya kebersihan lingkungan masing-masing akan membawa dampak sangat besar terhadap keberlangsungan hidup generasi kita. Kegiatan ini dilaksanakan guna menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. (kim)