Pabrik Harus Sediakan Tempat Ibadah yang Layak

Ketua K-Sarbumusi NU Kabupaten Cianjur Hani Maria Sopandi saat rapat pengurus K-Sarbumusi NU di Cianjur

RADARCIANJUR.com – Ketua Konfederasi Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (K-Sarbumusi) Nahdlatul Ulama Kabupaten Cianjur, Hani Maria Sopandi meminta pihak pengusaha khususnya pabrik yang memiliki buruh ratusan hingga ribuan menyediakan tempat ibadah yang lebih layak.

Hani menuturkan, selama ini buruh Islam merasa kurang mendapatkan haknya, terutama segi hak batin dalam penyediaan tempat ibadah yang kurang diperhatikan oleh para pengusaha.

“Kami berupaya meminta pengusaha membangun tempat wudhu, tempat buang air dan masjid yang cukup untuk para karyawan agar mereka bisa menjalankan ibadahnya dengan aman dan nyaman,” ungkap Hani Maria dalam acara rapat pengurus K-Sarbumusi NU di Cianjur, Selasa (16/3/2021).

Sementara itu, Sekretaris K-Sarbumusi NU Kabupaten Cianjur Elan Sopandi, mengatakan bahwa para buruh perlu mendapat perhatian lebih khususnya menyoal praktik ibadah shalat yang masjidnya sempit dan kurangnya tempat wudhu serta tempat buang air.

“Hal yang sangat aneh jika suatu pabrik dengan jumlah karyawan ribuan tetapi tempat ibadahnya sangat sempit, mau ibadah tenang dan nyaman bagaimana”, ungkap Elan.

Di Kabupaten Cianjur sendiri saat ini ada puluhan pabrik dan ada beberapa pabrik dengan jumlah karyawan lebih dari ribuan orang yang tersebar di Sukaluyu, Ciranjang, Cikalong Kulon, Gekbrong, dll.(dep)