Pendamping PKH Wilayah II Mulai Sosialisasikan Pencegahan Stunting Kepada Masyarakat

SOSIALISASI: Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) tingkat kabupaten wilayah II, bersama koordinator kecamatan (Korcam) dan pendamping desa, melaksanakan sosialisasi stunting kepada sejumlah ketua kelompok PKH. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) tingkat kabupaten wilayah II, bersama koordinator kecamatan (Korcam) dan pendamping desa, melaksanakan pembinaan serta sosialisasi stunting kepada sejumlah ketua kelompok PKH di wilayah Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Rabu (17/3/2021).

Koordinator kabupaten (Korkab) PKH Wilayah II, Astri Yustiniawati mengatakan, menindaklanjuti program yang telah digulirkan pemerintah pusat serta Kementrian Sosial (Kemensos) hingga ke daerah, pihaknya kini mulai melakukan sosialisasi program keluarga harapan yang salah satunya adalah terkait pencegahan stunting kepada masyarakat.

“Jadi program Kemensos terkait pencegahan stunting di PKH ini diharapkan bisa terus disosialisasikan hingga ke pendamping di kecamatan dan desa, termasuk kepada para ketua kelompok PKH di masing-masing wilayah. Sehingga pencegahan penderita stunting bisa diminimalisir,” tuturnya kepada radarcianjur.com, usai acara di Aula Desa Ciherang, Rabu (17/3).

Lebih lanjut, ia mengatakan, bahwa peran PKH selama ini, bukan hanya dalam segi penanganan ekonomi masyarakat saja, akan tetapi bidang kesehatan dan pendidikan pun turut diperhatikan.

“Meskipun kami hanya bisa membantu dalam sosialisasi pencegahan saja, tapi minimal peran PKH itu dalam segi kesehatan pun bisa berkontribusi. Khususnya dalam hal pencegahan stunting,” kata dia.

Selain itu, Astri menyebutkan, wilayah II yang ia tangani terkait mensosialisasikan program PKH kali ini yakni meliputi enam Kecamatan, diantaranya Pacet, Cipanas, Sukaresmi, Cikalongkulon dan kecamatan Mande.

“Jadi di sini saya menegaskan, bahwa PKH itu bukan hanya pendampingan dalam bidang penanganan ekonomi masyarakat saja, tetapi bidang kesehatan serta pendidikan pun kami upayakan bersama. Termasuk kini yang sudah berjalan, beberapa universitas telah bekerjasama dengan kami dalam pemberdayaan pendidikan putra putri KPM PKH itu,” tandasnya. (dan)