Giliran 14 Tanaman Hias Milik Warga Cikalongkulon Digondol Maling

TERKAM: Pencuri bunga dengan santainya beraksi di Kampung Blender Desa Pandanjaya Kecamatan Cikalongkulon. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com- Pencurian tanaman hias kembali terjadi di Kampung Blender Desa Pandanjaya Kecamatan Cikalongkulon. 14 tanaman hias berjenis Aglonema dan Lips di borong pelaku yang berjumlah satu orang dengan santainya masuk ke dalam rumah dan mengamankan satu persatu bunga yang diambilnya.

Kejadian tersebut pada Senin (15/3) sekitar pukul 1.00 WIB dini hari. Aksi pelaku pun terekam kamera pengawas atau CCTV tetangga. Dian (45) pemilik rumah mengetahui kejadian tersebut pada pagi hari dan mendapati kondisi halaman sudah berserakan tanah.

“Kejadiannya sekitar jam satu malam, itu saya enggak mengetahui sama sekali, tau-tau udah berserakan aja bekas tanah,” ujarnya.

Kerugian yang diterima pun cukup besar, sekitar Rp10 juta an. Pihaknya pun langsung melakukan koordinasi dengan Rt dan Rw setempat untuk kembali menghidupkan kembali siskamling atau ronda.

Sementara itu, Kriminolog Universitas Suryakancana (Unsur) Cianjur, Kuswandi mengatakan, ramainya tindak kejahatan seperti pencurian bisa disebabkan berbagai faktor seperti kondisi ekonomi saat ini. Sehingga, memaksa pelaku untuk mengambil barang orang lain demi memenuhi kebutuhannya.

BACA JUGA : 47 Tanaman Hias Berharga Puluhan Juta di Sirnagalih Raib Digondol Maling

“Saat ini kan ekonomi kita sedang merosot, banyak masyarakat yang tidak bekerja atau bahkan belum bekerja karena sulit. Penanganannya pun harus dilakukan oleh semua pihak,” jelasnya.

Wakil Dekan II Fakultas Hukum ini pun menambahkan, jangan sampai memposisikan korban menjadi korban. Artinya, kejahatan tidak disebabkan oleh pelaku. Tapi ada penyebab atau aksi pencurian tersebut dilakukan secara spontan karena keteledoran korban.

“Contohnya kan bunga hias itu lagi mahal, masyarakat seharusnya menyimpan di tempat aman bukan dibiarkan di luar rumah,” paparnya. (kim)