Santri di Pesantren Cipanas Terpapar Covid-19, Ini Kata Camat

Camat Cipanas, Latip Ridwan. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Temuan kasus positif Covid-19 yang terjadi di salah satu pesantren di wilayah Kecamatan Cipanas, kabupaten Cianjur belum lama ini, menuai tanggapan dari pemerintah kecamatan setempat.

Camat Cipanas, Latip Ridwan menuturkan, bahwa adanya sejumlah santri pesantren di wilayah kecamatan Cipanas itu bukan merupakan cluster. Namun ia menilai, temuan para santri pasca menjalani rapid test hingga dikabarkan positif Covid-19, itu hanya kasus seperti waktu sebelum-sebelumnya.

“Sebetulnya kami dari pemerintah kecamatan maupun Forkopimcam Cipanas telah sangat optimal berupaya memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan pencegahan Covid-19 selama ini,” kata Latip saat ditemui di kantor kecamatan, Kamis (18/3/2021).

Menurut Latip, wawar serta sosialiasi yang digalakkan pun tak hanya di jalan-jalan saja, termasuk fasilitas umum seperti sekolah, pesantren, dan sejumlah tempat lain sering dilakukan pembinaan.

“Mungkin dengan adanya kasus positif saat ini merupakan kejadian luar biasa bagi kami. Termasuk menjadi catatan Forkopimcam supaya lebih memperhatikan lagi kepada masyarakat bagaimana pencegahan dan penanganan Covid agar tidak terjadi kembali,” tuturnya.

Pihaknya sangat berharap dan optimis, jika masyarakat dan pemerintah serta instansi lain kompak menjaga lingkungan dan sama-sama mengantisipasi penyebaran Covid-19, yakin akan lebih teratasi.

“Saya yakin di Cipanas ini ketika sama-sama disiplin menjaga 5M, menjaga jarak, sering mencuci tangan, dan selalu menggunakan masker, maka Cipanas akan terhindar dari penularan virus Corona ini,” pungkasnya. (dan)