Longsor Sukanagara, Rumah Warga Terseret Sejauh 2 Meter

Nasib malang menimpa satu keluarga di Kampung Pasir Manis RT 02 RW 03,Desa Sukajembar, Kecamatan Sukanagara, usai terjadi longsor rumah yang ditinggalinya terseret tanah longsoran.

RADARCIANJUR.com – Peristiwa longsor tanah terjadi di salah satu rumah Kampung Pasir Manis RT 02 RW 03, Desa Sukajembar, Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur.

Rumah panggung dengan ukuran 7 X 5 meter milik warga bernama Kurnia (28) terseret dan bergeser sejauh dua meter akibat longsoran tanah.

Kaur Kesra Desa Sukajembar Ahmad Hidayat (45) mengatakan, kronologis kejadian sekitar pukul 13,00 WIB, turun hujan lebat juga cukup lama dan sekitar pukul 14,30 WIB tebing tanah setinggi 6 meter dan panjang 4 meter.

” Akibat hujan lebat mengakibatkan longsor karena tanahnya gak bisa nahan debit air. Rumah panggung milik Keluarga Kurnia terseret tanah longsor sejauh 2 meter, ” katanya.

Menurut Ahmad, sebelum kejadian tersebut seluruh penghuni rumah sempat menjerit meminta pertolongan pada tetangganya sambil behamburan keluar rumah. Namun setelah hujan reda ternyata rumah tersebut bergeser sejauh 2 Meter.

” Pas kejadian itu penghuni rumah cepat dievakuasi ke rumah orang tuanya yang lokasinya tak jauh dari lokasi itu, ” tambah ahmad.

Sekretaris Badan Penaggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Moch Irfan turut membenarkan kejadian longsor yang menimpa satu keluarga di Desa Sukajembar, Kecamatan Sukanagara.

” Kita sudah mengupayakan proses evakuasi dan sudah menerjunkan sejumlah personil Retana, ” katanya kepada Radar Cianjur melalui sambungan telpon, Sabtu (20/03/2021).

Irfan menuturkan, akibat kejadian bencana alam tersebut, tidak mengakibatkan korban jiwa. Namun kerugian material bangunan rumah miring dan perabotan seisi rumah rusak yang diperkirakan senilai 30 juta rupiah.

” Tidak ada korban jiwa, tapi kerugian yang sangat besar di alami pihak keluarga dan mudah-mudahan cepat ada bantuan dari pemerintah maupun pihak lainnya, ” ungkapnya.

Selain itu, Irfan menghimbau kepada semua warga yang rumahnya tidak jauh dari lokasi tersebut agar cepat mengungsi.

” Kepada masyarakat yang dekat dengan lokasi tersebut agar mengungsi sementara waktu. Dikhawatirkan terjadi longsor susulan, ” tandasnya.(cr1)