WBP Belajar Ilmu Hukum dengan LBH Trisila Cianjur

BELAJAR: Sejumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) mengikuti pemaparan hukum dari LBH Trisila Cianjur. (Foto Hakim Radar Cianjur)

RADARCIANJUR.com– Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Cianjur menerima pengetahuan tentang hukum yang di sampaikan oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Trisila Cianjur yang berlangsung secara Online via Zoom bertempat di Ruang Kelas Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Lapas Cianjur.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh moderator yang menyampaikan tema kegiatan Sosialisasi yang berjudul Pembelaan dalam Proses Peradilan, kemudian dilanjutkan dengan sambutan perwakilan dari Lapas Cianjur di wakili Staf Registrasi, Deri Nugraha.

Kegiatan diikuti 19 Orang WBP yang masih menjalani proses peradilan pidana di Pengadilan Negeri Cianjur, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Direktur LBH Trisila Cianjur, Syahrian US Zainudin, dengan menyampaikan beberapa permasalahan hukum yang timbul disekitar wilayah hukum Kabupaten Cianjur seperti masih banyaknya masyarakat yang awan terhadap hukum, sehingga ketidak pahaman masyarakat terhadap hukum yang berlaku berdampak pada banyaknya kasus yang seharusnya bisa diselesaikan diluar pengadilan.

“Penyuluhan ini akan menjadi upaya kami dalam mewujudkan masyarkat yang sadar hukum sehingga berakibat pada minim nya kasus baik di Polres sampai di Lapas,” ujarnya.

Di akhir acara sosialisasi, para WBP mengisi kronologis singkat kejadian perkara dan kemudian bisa menjadi acuan bagi LBH untuk bisa membantu dalam pemahaman lebih lanjut. Output dari pelaksanaan kegiatan ini diharapkan agar WBP dapat memahami lebih lanjut perihal tahapan-tahapan proses peradilan pidana.

“Meskipun mereka (WBP,red) menjalani hukuman, ilmu tentang hukum harus diketahui meskipun tidak banyak. Sehingga permasalahan mengenai hukum tidak terlalu awam,” paparnya. (kim)