PMI Asal Sindangbarang Meninggal Dunia di Riyadh

Ilustrasi

RADARCIANJUR.com– Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Cianjur kembali meninggal dunia di perantauan. Dewi Sadiah asal Kampung Cimahi Kulon Desa Jayagiri Kecamatan Sindangbarang merupakan PMI yang bekerja di Kota Riyadh, Arab Saudi meniggal dunia dikarenakan sakit yang dideritanya. Dewi menjadi salah satu dari sekian banyak PMI yang meninggal di tanah perantauan.

Jenazah Dewi tiba pada Sabtu (20/3) yang disambut isak tangis keluarga besarnya. Pihak keluarga pun sempat tidak menyangka atas kepergian salah satu anggota keluarganya yang mencari rezeki di Timur Tengah. Dari informasi yang terhimpun, almarhumah menderita sakit sesak nafas dan lambung kronis. Almarhumah sudah bekerja selama kurang lebih 17 bulan.

“Alhamdulilah proses pemulangan jenazahnya ke Tanah Air berjalan lancar, Meski sempat tertahan di sana, karena adanya salah paham dengan pihak Aktivis BMI yang diarab saudi. Beruntung pihak KBRI membantu kami,” ujar Ketua DPW LSM FPMI Jawa Barat, Dhani Rahmad.

Sebelumnya, jenazah Dewi sempat akan dimakamkan di Arab Saudi. Akan tetapi, pihak keluarga menolak dan meminta bantuan agar jenazah dapat dimakamkan di tanah kelahirannya di Kabupaten Cianjur.

“Keluarga memberikan kuasa supaya memproses kepulangannya. Alhamdulilah prosesnya berjalan dua bulan hingga jenazah Dewi sampai kerumah duka,” paparnya.

Lanjutnya, proses pemulangan jenazah dapat dilakukan atas bantuan berbagai pihak yang turut serta. Sehingga proses tersebut bisa dilaksanakan dengan segera tanpa adanya hambatan. Pihaknya pun berterimakasih kepada pihak-pihak yang sudah membantu proses tersebut.

“Kami mewakili keluarga jenazah mengucapkan terimakasih kepada, KBRI Arab Saudi, KJRI, Kementrian Luar Negeri, Kementrian Tenaga Kerja, BP2MI dan pihak-pihak terkait yang telah membantu proses kepulangan Jenazah Dewi hingga kerumah duka,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Jayagiri, Endang Solehudin mengatakan, pihaknya sebagai kepala Desa Jayagiri mewakili keluarga jenazah mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada DPW LSM FPMI Jawa Barat dan tim lainnya yang sudah membantu kepulangan jenazah.

“Jenazah warga Desa Jayagiri, sehingga saya mengapresiasi kerja keras tim yang sudah mengupayakan kepulangan hingga sampai dirumah duka. Selain itu, kedepannya saya akan berkoordinasi terus dengan FPMI bila ada warga saya yang mengalami permasalahan diluar negeri,” tutupnya. (kim)