Stok darah PMI Cianjur Minim, Karangtaruna Sawahgede Gelar Donor Darah

Sosial : Kegiatan donor darah dilakukan karangtaruna RW 05 Binaksatria Kelurahan Sawahgede dan di fasilitasi oleh PMI Kabupaten Cianjur. Foto : Bayu Nurmuslim / Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Masih berlakunya penerapan agar tidak terjadi kerumunan di masa Pendemi Covid 19 membuat Stok darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Cianjur sangat minim.

Hal tersebut akibat minimnya pendonor darah yang datang serta dihentikannya donor darah dan kegiatan masal.

Hal tersebut membuat sejumlah anggota Karangtaruna dan warga Kelurahan Sawahgede, Kecamatan Cianjur tergerak dengan mengadakan acara donor darah yang berlokasi di CV Soneta Jl Siliwangi, kelurahan Sawahgede.

Sekretaris Karangtaruna Kelurahan Sawahgede Karang taruna RW 05
Binaksatria Agung mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap sesama.

“Ini sebagai bentuk kepedulian kami sebagai warga negara yang baik. Kami sangat peduli kepada pasien atau masyarakat yang sangat membutuhkan darah, apalagi di masa Pendemi Covid 19 memang sangat sulit, ” katanya Senin, (22/03/2021).

Menurut Agung, kegiatan yang di ikuti oleh 50 orang pendonor tersebut sudah terlebih dahulu berkoordinasi dengan pihak PMI Kabupaten Cianjur.

“Tentunya kita sudah ijin kepada pihak PMI, dan alhmdulillah sangat membantu dari segi dukungan maupun fasilitas pendukung, ” tuturnya.

Terpisah, Ketua PMI Kabupaten Cianjur Rudi Syahdiar membenarkan, kegiatan donor darah yang diselenggarakan karangtaruna Kelurahan Sawahgede.

“Saat suasana masa pendemi Covid-19 ini sangat sulit untuk mencari pendonor. Sehingga kegiatan tersebut memang sangat diperlukan untuk stok darah PMI Kabupaten Cianjur, ” ungkapnya.

Rudi menambahkan, Karang taruna RW 05 Binaksatria kelurahan Sawahgede sudah berkoordinasi dan akan terus mengadakan kegiatan tersebut.

“Sudah koordinasi dengan pihak PMI, nantinya selama 2 bulan sekali akan mengadakan kembali acara ini. Tentunya dalam pengawasan dari PMI Kabupaten Cianjur, ” bebernya.

Rudi berharap, di masa pendemi Covid 19 ini dirinya mengajak kepada masyarakat agar ikut membantu PMI kabupaten Cianjur mengumpulkan stok darah.

“Mudah-mudahan banyak para pendonor yang bersedia untuk menyumbangkan darahnya. Karena satu tetes darah akan menyelamatkan jiwa
manusia, ” tandasnya. (cr1)