Dorong Pemanfaatan Biogas di Sindanglaya, Pemkab Cianjur Audensi Bersama Inovator dan Pemdes

AUDENSI: Plt Bupati Cianjur melakukan audiensi bersama para inovator dan pemerintah desa Sindanglaya. (Foto: Istimewa)

RADARCIANJUR.com – Demi mendorong pemanfaatan biogas yang berada di Desa Sindanglaya Kecamatan Cipanas, Plt Bupati Cianjur yang didampingi sejumlah dinas terkait melaksanakan silaturahmi serta audiensi bersama pemerintah Desa Sindanglaya dan pengembang inovasi tersebut di Ruang Garuda Pendopo Cianjur, Senin (22/3/2021) siang.

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman menuturkan, audiensi bersama pengembang biogas dan Kepala Desa Sindanglaya Kecamatan Cipanas itu merupakan langkah atau solusi pasti di tengah kelangkaan pupuk kimia yang saat ini terjadi.

“Itu salah satu ikhtiar sekaligus solusi bagi warga khususnya petani di Cianjur. Meskipun bukan hanya di Kabupaten Cianjur saja yang mengalami kelangkaan pupuk, tetapi di beberapa daerah pun sama. Makanya kami dari Pemkab sangat mendorong inovasi tersebut demi melangsungkan kehidupan kita semua melalui pertanian,” tutur Herman dicutip dari Instagram resminya, Selasa (23/3/2021).

Selain itu, Herman menyampaikan, dengan adanya reaktor biogas yang berada di Desa Sindanglaya ini, berharap mampu mengurangi 20 hingga 30 kg bahkan lebih sampah organik dari 60 rumah tangga.

“Jadi nantinya setelah diolah melalui reaktor biogas, manfaat yang dihasilkan diantaranya bisa mengurai penumpukan sampah, kemudian membuat pupuk cair, pestisida, pakan ternak, ikan, dan biogas untuk rumah tangga serta bisa memberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat,” kata Herman.

Adanya hal itu, dirinya berharap, semoga reaktor biogas tersebut bisa menjadi solusi bagi adanya kondisi penumpukan sampah di Kabupaten Cianjur selama ini.

“Kami berharap ke depannya bisa muncul generasi muda yang kreatif, inovatif, dan visioner yang mampu memberikan manfaat bagi kabupaten Cianjur dan bisa menciptakan terobosan besar serta meningkatkan ekonomi Cianjur, sehingga pertanian di Cianjur bisa lebih bangkit,” tandasnya.

Kepala Desa Sindanglaya, Nyanyang Kurnia Sanusi menambahkan, audiensi bersama Plt Bupati Cianjur itu mengenai pemanfaatan teknologi biogas di wilayah desa sindanglaya dengan memanfaatkan sampah organik, sebagai salah satu upaya untuk mengurangi volume sampah rumah tangga di masyarakat.

“Jadi nantinya selain menghasilkan energi berupa gas untuk memasak, juga hasil ikutan berupa pupuk organik itu dapat dimanfaatkan untuk pertanian,” kata dia. (dan)