Pabrik Pembuat Tawas di Sukaluyu Hangus Dilalap Si Jago Merah

Upaya pemadaman yang dilakukan Damkar, masyarakat serta kepolisian agar api cepat padam di salah satu perusahaan pembuatan tawas di kampung Bedengsari RT 04 RW 06 Desa Hergarmanah, Kecamatan Sukaluyu. Foto : Bayu Nurmuslim/ Radar Cianjur.

RADARCIANJUR.com – Peristiwa kebakaran terjadi di salah satu perusahaan bernama PT Sinerga yang berada di kampung Bedengsari RT 04 RW 06 Desa Hergarmanah, Kecamatan Sukaluyu.

Pada peristiwa kebakaran tersebut tidak sampai memakan korban jiwa namun kerugian di taksir mencapai 50 juta rupiah.

Menurut informasi yang dihimpun, peristiwa kebakaran tersebut terjadi akibat dari kesalahan pekerja dalam melakukan pekerjaannya sehingga mengenai salah satu bahan cairan yang mudah terbakar.

Ditemui Radar Cianjur, Ditemui Radar Cianjur, Kapolsek Sukaluyu AKP Anaga Budiharso mengatakan, kejadian kebakaran tersebut akibat dari proses pengelasan yang dilakukan pekerja.

“Kronologisnya seorang pekerja sedang melakukan kegiatan pengelasan auning, kemudian serbuk sisa lasan tersebut jatuh mengenai bahan pembuatan tawas sehingga menyebabkan percikan api. Api yang terus membesar tersebut
kemudian mengenai tabung lasan sehingga menyebabkan ledakan, ” katanya.

Kapolsek menambahkan, akibat peristiwa tersebut menyebabkan salah satu rumah warga yang berada persis didepan Perusahaan itu mengalami kerusakan.

“Rumah salah satu warga kaca rumah pecah akibat dari ledakan keras yang ditimbulkan. Beruntung setelah di cek tidak ada korban baik jiwa maupun luka, ” tuturnya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Radar Cianjur (@radar_cianjur)

Terpisah, Kepala Unit WMK 2 Ciranjang, Asep Ruswana mengatakan, pihaknya baru mendapati laporan adanya kebakaran sekitar pukul 08:15 Wib.

“Karena jaraknya dekat dengan kantor petugas hanya membutuhkan waktu lima menit untuk sampai ke lokasi, ” ungkapnya.

Menurut Asep, pihaknya telah menerjunkan satu unit mobil damkar yang dikerahkan untuk penanganan kebakaran di lokasi tersebut.

“Penanganan membutuhkan waktu satu jam 30 detik. Karena api membakar salah satu jenis bahan kimia , ” bebernya.

Menurutnya, banyaknya bahan cairan yang mudah terbakar membuat api cepat membesar. Selain itu terkandung senyawa dari bahan tersebut jenis yang sulit dipadamkan.

“Kami lakukan antisipasi agar api tidak melebar. Sehingga dengan mudah menghentikan api yang menyebar, hanya saja bahan kimia yang kebetulan terbakar memang agak sulit dipadamkan, ” tandasnya. (cr1)