Jelang Ramadhan, Baznas Lakukan Pembinaan dan Pengukuhan Pengurus Tingkat Desa

PENGUKUHAN: Baznas Cianjur dan UPZ Cipanas melangsungkan pengukuhan kepada pengurus Baznas tingkat desa hingga RW. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Jelang Ramadhan yang tinggal beberapa pekan lagi, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Cianjur bersama Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Cipanas melaksanakan pembinaan sekaligus pengukuhan kepada puluhan pengurus tingkat desa hingga RW di Aula Desa Sindanglaya, Rabu (24/3/2021).

Ketua UPZ Kecamatan Cipanas, Drs. Apip Abdullah mengatakan, pelaksanaan pembinaan serta dikukuhkannya pengurus Baznas tingkat desa hingga RW ini bertujuan untuk meningkatkan hasil zakat serta teknis penyalurannya nanti supaya lebih optimal.

“Jadi selama ini di masing-masing wilayah itu mengalami kemunduran hasil zakat. Terlebih saat pandemi Covid-19 tahun kemarin. Nah, yang kita rencanakan saat ini, insya Allah mudah-mudahan para pengurus desa dan RW itu bisa lebih paham. Termasuk dalam pengumpulan zakat fitrah pun bisa maksimal,” tuturnya usai kegiatan.

Selain itu, Apip menjelaskan, ketika teknis pengumpulan zakat di wilayah tersebut bisa dilaksanakan secara maksimal, maka ia optimis, penyalurannya pun tidak akan sembarangan orang menerima zakat fitrah itu.

“Maka dari itu dengan adanya pembinaan seperti ini kami harapkan para kyai ataupun pemerintah yang ada di bawahnya bisa lebih mengerti dan paham bagaimana penyaluran zakat itu teruntuk masyarakat yang betul-betul membutuhkan,” kata dia.

Acara pembinaan serta pengukuhan pun, Apip menyebut, dilaksanakan kepada para pengurus desa, ketua tingkat RW, sekretaris, bendahara, dan operator di DKM masing-masing.

“Untuk pembinaan ini kita ambil perwakilan dari desanya saja. Jadi hanya sekitar 40 orang yang mengikuti pembinaan dan pengukuhan itu,” tukasnya. (dan)