Total Dana Desa Capai Puluhan Triliun, Mendes : Alokasi Harus Sesuai Harapan Warga

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, saat kunker ke Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet. Foto: Dadan Suherman/ Radar Cianjur

RADARCIANJUR.com – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar menyebut, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang digunakan untuk anggaran Dana Desa (DD) ke seluruh desa se-Indonesia mencapai 72 triliun rupiah.

Dengan nilai yang sangat luar biasa itu, Mendes mengajak kepada semua pihak terkait agar bagaimana tugas bersama ini, pengalokasian dana tersebut betul-betul sesuai dengan harapan masyarakat.

“Jadi Dana Desa itu dapat dipakai untuk pengembangan infrastruktur desa, dipakai untuk tugas-tugas pembangunan desa lainnya. Yang penting selalu bertumpu pada dua hal, yakni pertumbuhan ekonomi dan peningkatan sumber daya manusia,” terang Mendes dalam sambutannya di Kunjungan kerja ke Cianjur, Selasa (23/3).

Selain itu, dirinya juga akan sangat mengapresiasi terhadap kinerja pemerintah desa yang telah mengalokasikan dana desa itu sesuai program dan pemanfaatannya bagi masyarakat.

“Yang penting adalah keberlanjutan program positif itu terasa oleh masyarakat secara optimal. Karena yang paling sulit adalah kekonsistenan untuk mendayagunakan dana bagi warga,” tuturnya.

Termasuk, Mendes juga sangat berterima kasih kepada pihak kepolisian, dalam hal ini Kapolri, Panglima tertinggi di instansi itu serta para pejabat institusi, yang telah mendukung keberlangsungan aliran dana desa serta segala rupa program desa yang ada di Republik Indonesia ini.

“Kami sangat mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mampu bekerjasama serta mendukung program-program bagi kelangsungan desa-desa yang ada di Indonesia ini,” tandasnya. (dan)