Cinta Awet Ayu Azhari Kepada Tenun Khas NTT

RADARCIANJUR.com –Artis senior Ayu Azhari menyatakan sudah lama jatuh cinta kepada tenun Indonesia. khususnya tenun khas NTT. Dia mulai jatuh suka pada tenun ini sejak satu dekade lalu.

Kecintaan Ayu Azhari pada tenun khas NTT terus berlangsung sampai sekarang. Menurutnya, tenun NTT secara kualitas dan kenyamanan tidak kalah dengan produk impor. Para pengrajinnya, katanya, memang sangat menjaga kualitas tenunan.

Sebagai bukti kecintaan Ayu Azhari pada tenun NTT, setiap keluar negeri dia kerap mempromosikannya baik melalui event resmi maupun tidak resmi. Di 2019 lalu, Ayu ikut memperkenalkan tenun khas NTT dalam acara festival di Lyric Square Hammersmith, London, Inggris.

“Saya turut serta mempromosikan tenun sampai ke kota-kota penting dimanca negara. Salah satunya dalam tour dan diplomasi budaya ke London di mana saya mempromosikan ciri khas tenunan daerah,” kata Ayu Azhari dalam keterangan tertulis diterima JawaPos.com.

Ayu Azhari menyampaikan hal tersebut dalam sebuah acara yang digelar via daring mengusung tajuk Exotic Tenun Fest 22-24 Maret. Ayu juga mengaku tenun khas NTT disukai oleh banyak orang di luar negeri.

“Saya tahu produk tenunan lokal banyak digemari turis-turis mancanegara karena enak dipakai baik dalam bentuk sarung, baju, maupun dalam bentuk karya lain,” ucap Ayu.

Istri musisi Mike Tramp ini berharap pemerintah daerah maupun pusat memberikan perhatian agar tenun bisa mendunia dengan dipasarkan secara masif di luar negeri. Dengan promosi yang baik, dia optimistis fashion tenun bisa mendunia.

“NTT ini memiliki budaya tinggi yang tercermin dalam produk Tenun. Saya berharap tenun bisa goes global. Saya siap untuk menjadi duta budaya mempromosikan karya tenun masyarakat Nusa Tenggara Timur,” tuturnya.(jpc)