Hujan Deras, Pohon Tumbang Timpa Satu Mobil di Puncak Ciloto

Pohon besar nan tua tumbang menimpa satu mobil jenis Toyota Agya warna oranye yang tengah melaju di Jalur Puncak Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, sekitar pukul 12.30 Wib, Kamis (25/3/2021).

RADARCIANJUR.com – Pohon besar nan tua tumbang menimpa satu mobil jenis Toyota Agya warna oranye yang tengah melaju di Jalur Puncak Ciloto, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, sekitar pukul 12.30 Wib, Kamis (25/3/2021).

Berdasarkan informasi yang diterima radarcianjur.com, musibah tersebut terjadi disaat hujan deras yang disertai angin kencang di wilayah tersebut.

Beruntung tak ada korban jiwa, namun dikabarkan satu penumpang di dalamnya mengalami luka ringan karena tersabet ranting pohon.

“Jadi pohon jenis Afrika yang berada di pinggir Jalan Nasional milik pemerintah itu tumbang ke tengah jalan, hingga menimpa satu mobil dan satu penumpang mengalami luka ringan,” ungkap Kepala Desa Ciloto, Marwan kepada radarcianjur.com, saat dikonfirmasi Kamis siang.

Marwan menuturkan, di lokasi kejadian tersebut pohon besar itu diperkirakan telah puluhan tahun tumbuh di samping jalan. Namun karena diduga tanah yang menopang pohon tersebut gembur, yang ditambah hujan dan angin cukup kencang, akhirnya pohon itu ambruk.

“Sebetulnya kalau pohon-pohon besar nan tua itu sudah diantisipasi, kemungkinan tidak akan terjadi tumbang. Tapi kan namanya musibah kita tidak tau,” ujar Marwan.

Selain itu, akibat dari kejadian tersebut, mobil yang tertimpa pun mengalami rusak di sebagian badan mobil.

“Alhamdulillah penumpang di dalam mobil tak mengalami luka serius. Bahkan telah dibawa ke rumah sakit umum Cimacan untuk dilakukan tindakan medis,” kata Marwan.

Pihaknya berharap, segera ada penanganan terhadap sejumlah pohon lain di lokasi yang memang sudah cukup tua dan rentan jika melihat kondisi kini sering terjadi hujan.

“Mudah-mudahan segera ada evakuasi pohon yang tumbang itu, termasuk mengamankan juga pohon lain yang dirasa khawatir terjadi tumbang lagi,” harapnya.

Dari adanya kejadian itu, pemerintah desa telah melaporkan peristiwa pohon tumbang itu ke Forkopimcam Cipanas, pemerintah kabupaten serta dinas terkait, untuk sama-sama mengevakuasi dan mengantisipasi agar tidak terjadi lagi.

“Sudah saya laporkan kang. Mudah-mudahan segera ada reaksi cepat dari pemerintah agar bisa sama-sama evakuasi dan antisipasi tidak terjadi lagi hal yang tak diharapkan,” pungkasnya. (dan)