Jembatan Cibuni Hubungkan Kabupaten Cianjur-Sukabumi

Jembatan Cibuni kini telah rampung dan telah diresmikan Gubernur Jawa Barat. Jembatan tersebut diproyeksikan menjadi penghubung perputaran ekonomi 2 kabupaten yaitu Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi

RADARCIANJUR.com – Masyarakat perbatasan Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur kini patut berbangga karena memiliki fasilitas penunjang perekonomian antar kabupaten yaitu jembatan.

Pasalnya jembatan penghubung Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur kini sudah bisa dilalui oleh masyarakat, baik yang akan pergi ke Kabupaten Cianjur dari Kabupaten Sukabumi maupun sebaliknya.

Diketahui, jembatan yang menghubungkan Kecamatan Cijati Kabupaten Cianjur dengan Kecamatan Cidadap Kabupaten Sukabumi ini memiliki panjang 120 meter mulai dibangun sejak 10 Juni 2020, dan diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Kampung Cipanas, Desa Cidadap Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi, Rabu (24/03/2021).

Bupati Kabupaten Sukabumi Marwan Hamami dalam sambutannya menyampaikan, peresmian jembatan ini sangat ditunggu oleh masyarakat karena menjadi akses perekonomian penghubung 2 Kabupaten.

“Peresmian ini memang sangat ditunggu sekali oleh masyarakat sejak 3 bulan sebelumnya. Selain potensi yang dimiliki ini akan kita dorong untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat dengan harapan kedepannya mampu terwujud pertumbuhan perekonomian masyarakat, ” tuturnya.

Sementara itu, Plt Bupati Cianjur dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas rampungnya pembangunan jembatan tersebut.

“Saya mewakili masyarakat Kabupaten Cianjur khususnya di Kecamatan Cijati mengucapkan terima kasih atas terlaksananya pembangunan jembatan Cibuni, yang begitu megahnya, dan mudah-mudahan jalan ini menjadi bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur, ” terangnya.

Selain itu Plt Bupati Cianjur, mengucapkan rasa terima kasihnya Kepada Gubernur Jawa Barat dan Bupati Kabupaten Sukabumi atas kerja sama tersebut dari awal hingga rampungnya jembatan Cibuni.

“Terima kasih Pak Marwan (Red : Bupati Kabupaten Sukabumi) pembangunan ini jauh hari sudah direncanakan dengan saya, selalu konsultasi bagaimana caranya jembatan ini bisa dibangun, dan alhamdulillah dengan kemurahaan hati Pak Gubernur di tahun ini bisa terealisasikan dan kami laporkan juga bahwa di seberang sana Kabupaten Cianjur ada beberapa pembebasan tanah yang harus dilakukan kabupaten Cianjur, dan saya komunikasi dengan pak Marwan, alhamdulillah pembebasan tanahnya dilaksanakan oleh kabupaten Cianjur hampir kurang lebih 1 milyar, dan fisiknya di kerjakan oleh kabupaten Sukabumi,” ungkapnya.

Terpisah, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan bahwa pembangunan tersebut untuk rakyat dan dana yang dikeluarkan untuk pembangunan adalah uang rakyat.

“Rakyat mau jembatan saya kasih jembatan, saya bisa membayangkan kebahagian warga di dua Kabupaten ini, jembatan ini bisa mempercepat akses untuk jual beli warga. Termasuk promosi wisata di sekitar wilayah Kecamatan Cidadap dan Cijati bisa lebih lancar, ” tandasnya. (cr1)